Ratusan Mahasiswa Gelar Aksi Demo di DPRD Riau Tuntut Pengesahan RUU PLP

Pekanbaru (Nadariau.com) – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Dekanat Psikologi Riau  dan Aliansi Mahasiswa Psikologi se-Riau melaksanakan aksi unjuk rasa damai di depan Gedung DPRD Provinsi Riau, Senin (6/6/2022).

Dalam aksinya, mahasiswa melakukan orasi tepat di gerbang pintu masuk kantor wakil rakyat tersebut dengan dikawal pihak keamanan pihak kepolisian dari Polresta Pekanbaru

Ketua Himsi Riau, Sigit Nugroho mengatakan, aksi ini bertujuan untuk menuntut pengesahan RUU tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi (PLP) oleh DPR RI.

Dijelaskannya, setelah 3 kali agenda sidang di DPR RI, RUU PLP batal dibahas dan disahkan. Pembahasan RUU PLP terus mengalami penundaan.

“Undang-Undang ini sudah kita inisiasi lama, sudah melalui proses sidang berlarut-larut dan belum ada disahkan oleh DPR RI,” kata Sigit.

Diungkapkannya, pada sidang ke-4 bulan Juli lalu, pihaknya menuntut agar RUU PLP disahkan menjadi undang-undang. RUU PLP memuat tentang kepastian hukum untuk pendidikan psikologi. Undang-Undang ini menjawab keragu-raguan posisi baik akademisi maupun profesi.

Selain itu, masih kata Sigit, RUU yang dimaksud tidak hanya bermanfaat bagi golongan-golongan tertentu, tetapi juga kepada seluruh masyarakat. Masyarakat akan merasa aman saat mendapatkan layanan psikologi karena adanya payung hukum yang jelas.

“Kedepannya, dengan pengesahan RUU PLP, profesi psikolog klinis bersama-sama dengan profesi lainnya, seperti Industri dan Organisasi, Pendidikan, Sosial, dan lainnya menjadi profesi yang diakui sebagai pemberi layanan psikologi,” tutupnya.(son)