Ilmu Ekonomi FEB UNRI Canangkan Desa Logas Sebagai Desa Binaan

Kuansing (Nadariau.com) – Program Desa Binaan sudah menjadi tuntutan bagi Program Studi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau.

Jurusan ini untuk meningkatkan kualitas tamatannya seiring dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdekan (MBKM) yang merupakan program yang telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Untuk itu Jurusan Ilmu Ekonomi yang menaungi Program Studi Ekonomi Pembangunan bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (PMDDukcapi) Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuantan Singing, Camat Singingi dan Kepala Desa Logas.

Pemilihan desa Logas sebagai desaan binaan Jurusan Ilmu FEB Universitas Riau dengan pertimbangan bahwa Desa Logas adalah salah satu desa yang di Provinsi Riau yang telah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda atau sebelum Indonesia merdeka karena adanya kegiatan penambangan emas oleh penjajah dengan mengerahkan rakyat Indonesia sebagai pekerjanya.

Sehingga dengan demikian Logas punya sejarah panjang yang apabila dieksplorasi lebih dalam lagi akan dapat “mengangkat batang terendam” sebagai desa bersejarah yang akan memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi salah satu “objek wisata” yang efektif dapat mendatang wisatawan dari manca Negara khususnya dari Eropa.

Selain itu, Desa Logas juga dibina oleh UNDP melalui Gold Ismia untuk Penambang Emas Skala Kecil.

Sebagai lembaga akademis, maka Jurusan Ilmu Ekonomi memiliki tugas dan tanggunggjawab secara ilmiah untuk bisa menangkat potensi tersebut.

Untuk itulah pada tahun 2021 ini sesuai dengan kewajiban yang harus dilakukan oleh dosen dalam bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, akan melaksanakan penelitian dengan 5 topik penelitian dan 6 topik pengabdian kepada masyarakat.

Dimana dari ke 11 kegiatan tersebut hasilnya akan dijadikan dasar dan bahan untuk penyusunan Grand Design Desa Binaan Jurusan Ilmu Ekonomi FEB Universitas Riau di Desa Logas Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2021-2025.

Kedepan mungkin saja akan dikembangkan menjadi lintas disiplin ilmu dalam artian bahwa dalam rangka implementasi desa binaan tersebut Jurusan Ilmu Ekonomi akan menggandeng dari program studi lainnya yang ada dalam lingkungan Universitas Riau, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa.

Ksmudian, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Tim Penggarak PKK Kabupaten Kuansing, kelembagaan pemerintah dan swasta lainnya yang terkait sehingga apa yang akan dituju dari program desa binaan.

Yakni “peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penguatan kelembagaan pemerintahan desa Logas dalam bentuk pencapaian Indeks Desa Mandiri” dapat diwujudkan.

Pencanangan Program Desa Binaan Jurusan Ilmu Ekonomi FEB Universitas Riau ini dilaksanakan pada Rabu (13 Oktober 2021) di Balai Desa Logas oleh Kepala Dinas PMDDukcapil Provinsi Riau bersama Ketua yang diwakil oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuansing.

Dan kelembagaan yang ada di Desa Logas tersebut termasuk Pemerintah Desa, BPD, BUMDES, Koperasi, PKK, LPM dan sebagainya.

Sebelum pencanangan yang ditandai dengan pemukulan gong terlebih dahulu dilakukan kata sambutan dari Dekan FEN URI yang diwakili Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi, Dr. Yusni Maulida, Camat Singingi, Deflides Gusni, SP. M.Si.

Tim Penggerak PKK Kab. Kuansing, Ny Suhardiman Amby dan Pengarahan Kepala Dinas PMDDukcapil, Yurnalis, S.Sos., M.Si.

Selesai acara pencanangan tersebut dilanjutkan dengan penyuluhan dan penelitian oleh Tim dari dosen Jurusan Ilmu Ekonomi FEB UNRI, dimana pada saat kegiatan tersebut sedang dilaksanakan.

Tanpa diduga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuantan Singingi, Wella Mayang Sari SE, MSi melakukan kunjungan ke desa Logas setelah sebelumnya menghadiri acara Panen Raya di Benai bersama Gubernur Riau.

Dalam kunjungan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK berkesempatan mempromosikan batik Kuansing nan indah, berdiskusi tentang pengembangan Desa. (fau)