Riyondra Atlet Dayung Riau Maizir Raih Emas di PON XX Papua

Pekanbaru (Nadariau.com) – Membanggakan, seorang Atlet Dayung Riau, Maizir Riyondra sukses menyumbang medali emas pertama bagi kontingen Riau, pada iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Maizir turun di cabang kayak satu, 1.000 meter. Berhasil mengalahkan Provinsi lainnya, Jawa Barat, Jambi, DKI Jakarta dan Banten.

Pertandingan berlangsung di venue dayung di Teluk Youtefa, Jayapura. Memperebutkan 40 medali dengan tiga cabang lomba. Seperti yang dilansir dari laman Humas PB POB XX ketiga cabang itu adalah rowing (15 nomor), canoeing (16 nomor) dan traditional boat race (sembilan nomor).

Amrizal, Manajer tim Dayung Riau, Sekretaris Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Riau mengatakan, pada babak Selasa (28/9) pada pukul 09.15 wita, Maizir Riyondra dari turun di kayak satu, 1.000 meter dan berhasil masuk finish juara satu.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan emas perdana dari Maizir. Tentu ini hasil yang sangat kita harapkan, sesuai dengan target pedayung kita Maizir, menyumbangkan medali emas,” ujar Amrizal, Manajer tim Dayung Riau, Sekretaris Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Riau, saat dihubungi, Selasa (28/9/2021).

Dijelaskan Amrizal, Maizir mencatatkan waktu, 03.50.198 menit. Dengan torehan waktu tersebut Maizir memecahkan rekor waktu Nasional tercepat, dimana catatan waktu untuk atlet Nasional Dayung Kayak 1.000 meter 3,54 menit.

“Catatan waktu Maizir memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri. Dimana sebelumnya catatan waktu yang diraihnya 3,54 menit, lebih cepat untuk hasil yang diraihnya sekarang 3,50 menit,” kata Amrizal.

Untuk selanjutnya Atlet Dayung Riau, kembali akan bertanding pada hari ini pukul 16.00 WITA, untuk nomor Kayak Putri 200 meter dan 500 meter. Dimana Riau menurunkan pedayung andalannya Raudani Fitra.

“Sore ini Raudani turun di nomor 200 dan 500 Kayak Putri, mudah-mudahan ia bisa mengikut jejak rekannya menyumbangkan medali. Raudani juga kita targetkan medali, mohon doanya bagi masyarakat Riau agar Raudani bisa tampil maksimal dan menyumbangkan medali emas bagi Riau,” ucap Amrizal.

“Kita juga berharap bisa bertanding maksimal untuk membawa nama Riau. Walaupun dalam kondisi COVID-19, kita patut bangga, pemerintah Indonesia masih bisa mendukung atlet-atlet untuk berlaga di ajang nasional,” tandasnya. (olo)