Elda Suhanura Resmi Dilantik Jadi Ketua DPRD Inhu Sisa Masa Bakti 2019-2024

Inhu (Nadariau.com) – Elda Suhanura resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sisa masa bakti 2019-2024, di gedung DPRD Pematang Reba.

Dengan tegas Elda Suhanura sebagai Ketua DPRD Inhu menegaskan, bahwa lembaga DPRD adalah instrumen demokrasi.

“Lembaga ini suka tidak suka, inilah instrumen demokrasi. Bahwa kita ingin mensejahterakan tidak cukup dengan tangan kita, tentu dengan kekuasaan. Jangan sia-siakan kekuasaan yang ada ditangan kita, percayalah cepat atau lambat didunia atau akhirat akan diminta pertanggung jawaban,” tegas Elda Suhanura dalam pidato perdananya sebagai Ketua DPRD Inhu, Rabu (22/9/31)

“Oleh sebab itu saya menghimbau dan mengajak terutama diri saya, pimpinan dan anggota DPRD serta seluruh stake holder ketika kita diberi amanah, berbuatlah, kerjakanlah kerja kita. Berikan yang menjadi hak orang, berikan yang menjadi kewenangan orang. Karena semua itu sudah diatur oleh ketentuan. Insya Allah jika kita berpegang teguh pada amanat itu, saya meyakini kita akan selamat dunia akhirat,” ujarnya.

Dalam paripurna pengambilan sumpah jabatan pergantian antar waktu Ketua DPRD Inhu sisa masa bakti 2019-2024. yang dipimpin oleh Masrullah Wakil Ketua Satu DPRD Inhu, dengan dihadiri oleh Junaidi Rachmat Wakil Bupati Inhu, Forkompinda, anggota DPRD Inhu serta undangan lainya tersebut, Elda Suhanura sebagai Ketua DPRD Inhu juga menyampaikan bahwa lembaga DPRD bukan lawan.

“Lembaga DPRD ini teman, sahabat, kawan, bukan lawan. Bagi DPRD ini lawan adalah siapa saja yang mencoba menghambat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indragiri Hulu,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Inhu juga mengingatkan kepada eksekutif untuk lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat Inhu yang selama ini kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat Inhu tersebut, dititipkan kepada wakilnya di lembaga DPRD Inhu ini.

“Pada kesempatan ini saya ingin berpesan atas nama anggota dan masyarakat Indragiri Hulu, jangan tanyakan apa kebutuhan pimpinan dan anggota dewan, jangan tanyakan apa kebutuhan lembaga ini. Tapi tanyakan apa kebutuhan masyarakat Indragiri Hulu hari ini, kebutuhan itu dititipkan dilembaga ini. Kami punya hak dan kewenangan itu sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu, Junaidi Rachmat Wakil Bupati Inhu yang membacakan sambutan Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas pelantikan dan sumpah janji Elda Suhanura sebagai Ketua DPRD Inhu.

“Saya berharap kinerja DPRD Inhu akan semakin dinamis dan semakin meningkat, selanjutnya Pemkab Inhu mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada saudara Samsudin yang telah mendedikasikan diri menjalankan tugas sebagai Ketua DPRD Inhu beberapa waktu yang lalu. Kami berpesan dan berharap kepada Ketua DPRD Inhu yang baru, agar segera bekerja atas amanah partai dan rakyat sebagai Ketua DPRD dengan selalu berkomitmen dan berorientasi pada kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkanya, dari pelantikan pimpinan DPRD Inhu ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kerja sama antara legislatif dan eksekutif serta menjadi mitra dalam melaksanakan berbagai program pembangunan.

“Dengan Ketua DPRD yang masih fresh masih berusia muda, saya berharap kinerja DPRD Inhu periode ini akan semakin dinamis. Kontrol dari legislatif juga sangat kami harapkan, agar pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di Inhu tetap on the track dan dapat bertanggung jawab dan dipertanggung jawabkan kepada masyarakat,” jelasnya. (rtc/rio)