UNRI akan Dirikan Prodi Doktor Administrasi Publik

Pekanbaru (NadaRiau) – Universitas Riau (UNRI) sebagai Perguruan Tinggi yang bertempat di Provinsi Riau melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi untuk pengembangan keilmuannya.

Oleh karena itu, UNRI melalui Tim Pendirian Program Studi Doktor Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (PDAP-FISIP) melaksanakan kegiatan Evaluasi Lapangan Usul Pembukaan Program Studi Doktor Administrasi Publik oleh Tim Asesor, Sabtu (11/9/2021).

Prof Dr Sujianto MSi selaku Pengarah Tim Pendirian PDAP FISIP, pada kegiatan Evaluasi Lapangan Pendirian PDAP ini, menyebutkan UNRI, melalui Tim Pendirian PDAP FISIP, telah melakukan persiapan pendirian sejak tahun 2018 lalu.

Dan untuk pengusulan telah kita lakukan pada tahun 2019 dengan melengkapi sejumlah dokumen yang diperlukan untuk keperluan administrasi.

Sejak kurun beberapa waktu lalu hingga saat ini, Tim telah melakukan penyusunan kelengkapan dokumen serta mempersiapkan kurikulum, Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sarana Prasarana penunjang pembukaan PDAP ini.

“Pembukaan Prodi baru ini telah kita ajukan kepada Kementerian Pedidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan untuk dilakukan Evaluasi Lapangan oleh Tim Asesor dari Pusat,” jelas Sujianto.

Pada kegiatan Evaluasi Lapangan dalam rangka usul pembukaan Program Studi Doktor Administrasi Publik ini, dihadiri oleh Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA beserta seluruh unsur yang terkait dengan pendirian Prodi Doktor Administrasi Publik ini.

Rektor UNRI pada saat sambutan, menyebutkan saat ini UNRI merupakan Perguruan Tinggi yang berakreditasi A.

Oleh karenanya dengan sumber daya yang ada, dapat dilakukan pengembangan pendidikan melalui pembukaan Prodi pada jenjang Pendidikan Doktoral.

PDAP merupakan program jenjang pendidikan Doktoral pada FISIP UNRI. Program ini didirikan tentunya untuk memberikan peluang kepada insan pendidikan tinggi untuk melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan Doktoral.

Khususnya Bidang keilmuan Administrasi Publik, urai Guru Besar Bidang Perikanan dan Kelautan ini menyampaikan.

Sujianto yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNRI, menyampaikan Prodi Doktor Administrasi Publik ini terdiri beberapa mata kuliah.

Diantaranya filsafat ilmu pengetahuan, metodologi penelitian, teori administrasi lanjutan, kajian kebijakan wilayah pesisir, kelembagaan masyarakat di wilayah pesisir, pembangunan dan otonomi daerah wilayah pesisir.

Kemudian, disaster management di wilayah pesisir, inovasi pemberdayaan masyarakat pesisir, seminar proposal, seminar progres, seminar hasil penelitian, ujian tertutup, dan ujian terbuka.

Semoga melalui kegiatan Evaluasi Lapangan ini, UNRI bersama dengan Tim Asesor dapat mewujudkan terselenggaranya Prodi Doktor Administrasi Publik ini untuk kemajuan pendidikan Tinggi khususnya Pendidikan Doktoral di Provinsi Riau.

UNRI sangat mendukung terselengaranya Prodi ini melalui Sumber Daya pengajar yang berkompeten dibidangnya. Dengan ditunjang sarana dan prasarana kuliah yang memadai.

“Serta daya tampung yang dapat menampung mahasiswa dalam melakukan pembelajaran,” ungkapnya. (Dan)