Menggembirakan Omset Pengrajin Batik Kuansing Naik Drastis

Kuansing (Nadariau.com) – Kini omset pengrajin Batik Kuansing menggembirakan. Karena penghasilannya terus meningkat drastis hingga sekarang.

Peningkatan ini pasca himbauan dan wacana penggunaan baju batik khas Kuansing, oleh Bupati Kuansing Andi Putra di awal pemerintahannya dulu.

Bahkan ada yang mencapai 10 kali lipat per hari, di bandingkan waktu sebelumnya. Hal itu di aminkan Sura, salah seorang pengrajin sekaligus pengusaha di kecamatan Gunung Toar.

Sura mengakui, Batik dengan brandit Batik Nagori ini kini sudah mulai kelimpungan memenuhi tingginya pesanan dan permintaan pasar, imbuhnya.

“Bahkan untuk menyiasati tingginya permintaan konsumen, Sura terpaksa menambah jumlah karyawan,” kata Sura, Sabtu (11/9/2021).

Hal senada juga di rasakan pengrajin Batik lainnya, baik di kecamatan Gunung Toar maupun pembatik lainnya di kecamatan Singingi.

Hal itu juga di akui Camat Singingi, Delprides Gusni yang dihubungi awak media secara terpisah.

“Alhamdulillah, sejak adanya arahan Pak Bupati, serta pembinaan berkekanjutan dari Dekranasda ,TP PKK serta Instansi terkait, kini pengusaha Batik di Kebun Lado kecamatan Singingi mulai merasakan dampaknya,” imbuh Delprides Camat yang penuh improvisasi itu.

Sementara Ketua Dekranasda Kuansing, Wella Mayangsari merasa bangga dan terharu, bahwa ditengah kesulitan ekonomi masyarakat akibat pandemi, juga muncul pergerakan ekomomi UMKM dari sektor kerajinan batik.

“Alhamdulillah, kami ikut bangga,” ujar Wella yang juga Ketua TP PKK Kuansing itu. (fau)