Vaksin Moderna akan Disuntikan ke Tenaga Kesehatan di Pekanbaru

Pekanbaru (Nadariau.com) – 11 ribu tenaga kesehatan (Nakes) di Pekanbaru akan mendapatkan suntikan ketiga atau booster vaksin Moderna untuk antisipasi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra mengatakan, vaksin yang digunakan adalah vaksin Moderna.

Suntikan booster untuk para nakes ini, kata Naldo, ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan.

Para nakes yang akan mendapatkan booster vaksin sudah terdata dalam Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK). Nakes ini tersebar di rumah sakit, klinik, hingga puskesmas yang ada di Pekanbaru.

“Total ada 11.053 tenaga medis di Kota Pekanbaru yang bakal menerima suntik vaksin dosis ketiga,” kata Naldo, Minggu 29 Agustus 2021.

Naldo juga menegaskan bahwa vaksin Moderna ini hanya disuntikkan sebagai booster kepada nakes, atau kepada masyarakat yang belum pernah suntik vaksin.

“Jadi yang dapat suntikan ini hanya yang belum pernah suntik vaksin dan booster atau suntikan dosis ketiga bagi nakes,” tegas dia.

Vaksin Moderna sendiri datang dalam bentuk beku. Saat hendak disuntikkan, suhu harus berkisar antara 15 hingga 25 derajat celcius. (bpc/dan)