Sekarang Keuangan Pemko Pekanbaru Mengalami Masalah Akibat Pandemi

Pekanbaru (Nadariau.com) – Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai mengalami masalah keuangan, karena terdampak pandemi Covid-19.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengakui, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sejauh ini diandalkan, sudah tidak sebanding dengan biaya penanganan covid yang dibutuhkan.

Sebab biaya penanganan covid ini tidak sedikit. Sehingga kegiatan-kegiatan dilingkungan Pemko, semua sudah bergeser dan habis. Sementara dari pendapatan dan transfer pusat, itu turun. Sedangkan kebutuhan penanganan melambung tinggi.

Selain itu, saat ini pemerintah kota juga tidak mampu memberikan bantuan bagi warga yang terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV.

“Kemampuan pemerintah daerah tidak sanggup. Kalau di PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) kemarin, kita masih mampu. Kalau PPKM sekarang, kita benar-benar tidak mampu,” tegas Firdaus, menyikapi tentang tak adanya bantuan yang disalurkan dalam masa penerapan PPKM level IV, Selasa (3/8/2021).

Untuk itu, pemerintah kota mengandalkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial bagi warga yang terdampak PPKM level IV.

“Jadi dari pemerintah kota tidak ada. Tapi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial, itu ada penyaluran sesuai skema-skema yang sudah ada bagi mereka yang sudah terdata,” ucapnya.

“Memang kita tidak bisa pungkiri juga. Di lapangan, di luar mereka yang sudah didata, itu juga ada warga yang miskin baru yang juga membutuhkan bantuan,” tutup Firdaus menambahkan.

Seperti diketahui, selama penerapan PPKM level IV dilakukan pembatasan terhadap pergerakan warga. Hal itu mengakibatkan warga tidak bisa beraktivitas seperti biasa guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. (ap)