Jembatan Besi Penghubung Rohil-Dumai Panjang 9 Meter Dianggarkan Rp5 M

Rohil (Nadariau.com) – Sebuah jembatan besi, penghubung Sinaboi Rohil -Dumai akan dibangun tahun 2021. Panjang jembatan 9 meter ini akan dianggarkan sebesar Rp5 miliar.

Sekarang kondisi jembatan tersebut rusak. Untuk itu Pemprov Riau berencana akan membangun Jembatan Besi.

Gubernur Riau Syamsuar didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong meninjau langsung meninjau jembatan yang menjadi urat nadi di Rohil itu. Apalagi, selama ini jembatan itu kerap rusak karena hilir mudiknya truk bertonase tinggi.

“Kami mendapat laporan dari masyarakat bahwa jembatan ini rusak karena dilewati truk yang kapasitas tidak sesuai dengan jembatan. Karena itu, kami ingin membangun jembatan ini harus dibeton,” kata Gubri, Sabtu (31/7/21).

Terlebih kagi kata Gubri, jembatan ini masih berada kawasan kota Bagan Siapiapi. Apalagi, jembatan ini sebagai akses jalan ke Sinaboi menuju Kota Dumai.

Sebelum pembangunan dilaksanakan lanjut Gubri, maka dia meminta pihak Pemkab Rohil untuk membuat portal di atas jembatan. Ini dilakukan agar truk-truk bertonase tinggi tidak bisa lewat.

“Nanti kalau jembatan ini sudah dibangun dengan beton, tentu dapat dimanfaatkan bagi masyarakat. Kami juga meminta agar truk bertonase tinggi tidak melewati jembatan ini lagi,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Riau Taufik OH melalui Kepala UPT PUPR Rohil Rahmat mengatakan jika pihaknya telah mempersiapkan DED jembatan itu pada APBD-Perubahan 2021. Rencananya, pembangunan fisik jembatan sepanjang 9 meter akan dilanjutkan pada APBD 2022.

“Tadi sudah diestimasi anggaran jembatan Besi itu yakni sebesar Rp5 miliar. Mudah-mudahan, tahun 2022 sudah bisa dilaksanakan,” bebernya.

Beberapa hari lalu kata Rahmat, jembatan itu sempat tidak bisa difungsikan karena rusak. Namun kini sudah bisa dilalui oleh masyarakat, setelah pihaknya melakukan perbaikan. (mcr/sd)