Perangi Covid-19, Wabup Kuansing: Kepala Desa dan Perangkat Jadi Garda Terdepan Pencegahan Covid-19

KUANSING (NadaRiau.com)-Terkait penanganan virus Covid-19, mengingat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) saat ini di zona PPKM skala 3. Wakil Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak. MM, Rabu (28/07/2021) menyebutkan Kepala Desa merupakan garda terdepan dalam penentu suksesnya pemerintah Kuansing dalam penanganan virus Covid-19.

Dikatakan Suhardiman Amby, kabupaten Kuansing saat ini dimasa transisi diantara PPKM skala 3, jika hal tersebut dibiarkan lanjutnya akan masuk ke level 4 yang artian masuk di zona darurat yang akan berdampak buruk kepada perekonomian masyarakat Kuansing.

” Saat ini Kuansing sudah di PPKM skala tiga, Artinya sudah laswan menuju ke level 4, ketika masuk level 4 berati sudah darurat semua ditutup, perkantoran, pabrik, sekolah, kedai, semua aktivitas dibatasi, karna itu peranan kepala desa lah sebagai ujung tombak pengawasan akhir atau lokalisir terhadap orang,barang dan jasa, untuk memutus mata rantai Covid-19 ini,” tegas Suhardiman Amby

Lanjut Wabup, dalam menjalankan PPKM ini segala stekholder di tingkat desa harus menunjukan peran aktifnya dalam mengawasi aktivitas di lingkungan desa, hal itu untuk memutus virus Covid-19 masuk ke wilayah Desa di desa yang ada di Kuansing ini.

“Ketua PPKM harus tegas untuk melakukan pemeriksaan administrasi, seperti kartu faksin, kesehatan, bila perlu lakukan rapid antigen. Ini tujuannya baik, supaya memutus penyebaran virus ini, sehingga masyarakat kita aman dan nyaman,” ungkapnya

Untuk mensosialisasikan itu, pemerintahan ASA melalui Wakil Bupati langsung ke lapangan untuk mengkampanyekan penanganan Covid-19 ini langsung ke tingkat kecamatan.

“Tujuan kami kelapangan ini, dalam 100 hari pemerintahan ASA untuk memerangi Covid-19, supaya bisa cepat memutus mata rantai virus ini kalau perlu ziro Covid-19 di Kuansing,” ungkapnya

Untuk itu, jelasnya lagi, Kepala desa ketua BPD menjadi komandan satgas Covid-19 di tingkat desa.Semua relawan dan posko PPKM kembali aktif maksimal karena Kuansing masuk di zona PPKM level 3.

“Sukses atau tidak kabupaten Kuansing dalam menangani Covid-19 ini, itu ada di pundak kades dan sekdes dan perangkat desa dalam melokalisir hal ini. Gagal Pemerintahan desa maka gagal pula kabupaten kuantan Singingi ini dalam memerangi Covid-19 ini,” tutupnya (DONI)