Pemprov Riau Salurkan Bantuan 284 Unit Alsintan Kepada UPT Pertanian

Pekanbaru (Nadariau.com) – Psmerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyalurkan 284 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Unit Pelayanan Teknis Pertanian (UPT) Pertanian. Tujuannya untuk peningkatan hasil pertanian di 12 kabupaten/kota.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Gubernu Riau (Gubri), Syamsuar secara simbolis di UPT Pelatihan dan Penyuluhan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Rabu (30/6/2021).

Sarana dan prasarana pertanian yaitu seperti, penyediaan Alsintan dan optimalisasi lahan. Sarana ini merupakan bagian upaya strategis Riau Bertani dalam meningkatkan indeks pertanaman melalui optimalisasi lahan.

Dan penerapan mekanisasi melalui peningkatan jumlah Alsintan sehingga menjadi lebih efisien dalam menekan biaya produksi dan meningkatkan nilai tukar usaha pertanian.

“Fasilitas yang diberikan ini dijaga dan semoga produksi pertanian di Provinsi Riau semakin meningkat,” ujar Gubri.

Dijelaskan Gubri, dalam Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Riau, sektor pertanian ditempatkan menjadi prioritas dan menjadi sangat penting ditengan situasi pandemi Covid-19.

“Mari kita manfaatkan lahan pekarangan demi mewujudkan kedaulatan pangan Riau,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Syahfalefi melaporkan bahwa 284 unit yang diserahkan tersebut terdiri dari Packing dan Grading, Power Threser Multiguna, Bangunan Sarana UPH Kedelai, jagung dan lainnya, Power Threser Multiguna Mobile, Dryer Ultra Violet.

Selanjutnya, Hand Traktor, Kendaraan Roda 3, Pekarangan Pangan Lestari, Alat Pasca Panen Hortikultura, Combine Harvester Sedang dan Kecil, Corn Sheller Mobile, Corn Sheller, Huster dan Polisher, Alat Sarana UPH TP Kedelai, Jagung dan lainnya.

“Dalam upaya meningkatkan produksi, dengan ini semoga hasil pertanian di Provinsi Riau terus meningkat,” harap Syamsuar.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Mentangor Jaya Pekanbaru, Bejo yang mendapatkan bantuan Power Threser Multiguna mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diperolehnya.

Ia mengaku sangat terbantu dengan bantuan atat pertanian yang diberikan Pemerintah Provinsi Riau.

“Kami ucapkan ribuan terimakasih kepada pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintan Daerah atas bantuannya, semoga para petani di Provinsi Riau semkin maju khususnya petani Mentangor Jaya,” pungkasnya. (ind)

 9 total views