Gubernur Riau Dukung Atlet Special Olympic Indonesia Riau Berlaga ke Rusia

Pekanbaru (Nadariau.com) – Gubernur Riau Syamsuar mendukung atlet Special Olympic Indonesia (SOlna) untuk berlaga di Negara Rusia.

Sekarang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus mematangkan persiapan
para atlet SOIna untuk menghadapi Special Olympics World Winter Games di Kota Kazan, Rusia, 21-28 Januari 2022 mendatang.

Hal ini dikatakan Syamsuar, saat meninjau persiapan tim penyandang disabilitas intelektual Riau untuk cabang olahraga floorball yang dipusatkan di GOR Tribuana, Pekanbaru itu. Kunjungannya didampingi oleh Kadispora Riau Bobby Rahmad, Ketua SOIna Riau, Hj Novilia SE dan dewan pembina  Septina Primawati Rusli, Sabtu (19/6/2021).

Syamsuar tidak hanya sekedar datang memberikan dukungan kegiatan coaching clinics cabor foorball. Tetapi orang nomor satu di Provinsi Riau ini juga ikut bermain bersama para atlet SOIna Riau.

Beberapa kali Syamsuar yang terlihat begitu antusias dan gembira dapat bermain bersama anak-anak disabilitas intelelektual itu, nyaris membobol gawang tim lawan.

Wajah Syamsuar juga terlihat sumringah ketika stik foorball-nya memukul bola dengan sempurna dan melesat ke arah gawang.

“Enak juga olahraga ini. Bikin segar dan berkeringat,” ujarnya.

Syamsuar dalam sambutannya ketika meresmikan choacing clinics meminta kepada seluruh atlet, pelatih dan ofisial SOIna Riau untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Karena ivent yang akan diikuti di Rusia nanti membawa nama bangsa dan negara serta tentunya Provinsi Riau.

“Maksimalkan persiapan dan kemampuan melalui latihan-latihan. Sehingga pada Olimpiade khusus di Rusia nanti, tim foorball Riau bisa berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia dan tentunya juga Riau,” kata Syamsuar.

SOIna Riau mendapat kehormatan dari SOIna Pusat untuk mewakili Indonesia ke pesta olahraga Olimpiade Musim Dingin di Rusia Januari 2022 mendatang.

Atlet-atlet SOIna Riau memiliki prestasi dan reputasi membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam pekan olahraga nasional SOIna yang dikenal dengan nama PORNAS, kontingen Riau bahkan dua kali menjadi juara umum masing-masing pada tahun 2014 di Makassar dan tahun 2018 silam ketika Riau menjadi tuan rumah.

Sedangkan pada Olimpiade Musim Panas di Abu Dabi, UAE pada tahun 2019 lalu, saat kontingen Indonesia berhasil meraih 4 emas, 4 perak dan 2 perunggu, sebanyak delapan atlet di antaranya berasal dari Riau.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau yang memiliki perhatian besar pada atlet SOIna Riau,” Hj Novillia, SE ketua SOIna Riau. (ind)