DPRD Riau Minta Masyarakat dan Perusahaan Manfaatkan Urus Bea Balik Nama Gratis

Pekanbaru (Nadariau.com) – DPRD Riau meminta masyarakat dan perusahaan untuk memanfaatkan pengurusan bea balik nama gratis di Riau. Supaya kedepan dapat memudahkan pengurusan pajak tahunan kendaraan di Samsat.

Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi Hamidi menjelaskan, sekarang DPRD dengan Pemerintah (Pemprov) Riau, sedang membahas program bea balik nama gratis tersebut.

Karena Perda lama Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, yakni pajak kendaraan bermotor dan pajak air permukaan, mengalami perubahan. Diharapkan dalam waktu dekat, Perda baru sudah disahkan.

“Kita sedang merubah poin nomor tiga dari Perda nomor 8 tahun 2011. Diperkirakan dalam waktu dekat Perda baru sudah bisa diterapkan. Diharapkan program ini bisa dimanfaatkan masyarakat dan perusahaan,” kata Husaimi, Kamis (17/6/2021).

Dari informasi yang diterima, selain kendaraan masyarakat, kendaraan perusahaan sangat banyak belum melakukan balik nama dari pemilik lama ke pemilik baru.

Seperti kendaraan milik perusahaan CPO, jasa truk dan perusahaan yang banyak menggunakan kendaraan lainnya. Sebab dilihat dijalan, sangat banyak kendaraan masih memakai plat nomor luar Riau.

Hal ini tentu akan merugikan daerah tempatan. Sementara mereka membayar pajak ke daerah asal kendaraan.

Jadi kedepan, jika perusahaan masih membandel dan tidak mau melakukan pengurusan balik nama kendaraan, maka Pemprov Riau akan memberikan sanksi berat. Diantaranya tidak akan memberi izin perpanjangan usahanya.

“Dulu pemotongan bea balik nama hanya 50 persen. Namun sekarang kita jadikan 0 persen. Jadi, jika masyarakat atau perusahaan tidak mau juga mengurusnya di Samsat, maka akan diberi sanksi,” ujar Husaimi. (ind)