Darurat Covid, Gubri : Ruang Isolasi dan Nakes Harus Ditambah

Gubernur Riau H Syamsuar saat menggelar pertemuan bersama pejabat Pemprov Riau di rumah dinasnya

PEKANBARU (Nadariau) – Dengan terus bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Riau. Satgas penanganan Covid 19 Riau  di harapkan dapat mengantisipasi dengan mempersiapkan ruangan isolasi tambahan, baik di rumah sakit, wisma ataupun hotel.

Gubernur Riau H Syamsuar menyampaikan upaya antisipasi penambahan lonjakan angka pasien terkonfirmasi positif Covid 19 harus lebih ditingkatkan lagi, hal tersebut disampaikan saat menggelar pertemuan bersama Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy, Asisten I Jenri Salmon Ginting, Asisten II Evarefita, Asisten III Syahrial Abdi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Direktur RSUD Arifin Ahmad dr Nuzelly Husnedi, dan perwakilan BPJS, serta pihak terkait lainnya, di  Rumah Dinas Gubernur, Jumat, (14/05/2021).

Tak hanya ruang isolasi yang menjadi perhatian Gubri, penambahan tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas nantinya juga harus segera dilakukan, menurutnya upaya penanganan Covid 19 tidak boleh terlambat dilakukan.

“Kita menghadapi ini tidak boleh lambat, kasus bertambah terus, bertambah terus pasien Covid-19 di Riau ini,” kata H Syamsuar

Gubri menekankan, para tenaga kesehatan yang ditempatkan di rumah sakit, maupun ruang isolasi sudah faham betul SOP penanganan pasien Covid-19.

“Jadi ini kan darurat, jadi tidak mungkin kita biar kan saja kapasitas yang ada sekarang ini. Kita ini menyelamatkan orang, itu kuncinya, kita menyelamatkan orang, apapun akan kita perbuat,” ungkapnya.

Mantan Bupati Siak ini menyebutkan bahwa dirinya memiliki tanggungjawab untuk menyelematkan masyarakat Riau dari wabah virus Covid-19 yang saat ini semakin mengkwatirkan.

“Ada tanggung jawab yang harus saya lakukan, Artinya kita harus menyelamatkan orang. Sekarang ini kita siapkan administrasinya, fasilitasnya, semuanya,” pungkasnya (Apon)