DPRD Kampar Gelar Sidang Istimewa Paripurna Hari Jadi DPRD Kampar

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution berpidato di Hari Jadi Kabupaten Kampar

Kampar (Nadariau.com) – DPRD Kabupaten Kampar, menggelar Sidang Istimewa Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke-71 di Gedung DPRD Kampar. Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kampar, Muhammad Faisal ST, didampingi Wakil Ketua DPRD Kampar Repol SAg, Fahmil serta Toni Hidayat, Sabtu (6/2/2021)

Paripurna ini turut dihadiri Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, Wakil Gubernur Provinsi Riau, Brigjen TNI (Purn) H Edi Natar Nasution, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri MSi dan Forkopimda, Staf ahli dan para kepala dinas di lingkungan Pemda Kabupaten Kampar, Ninik Mamak, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para undangan lainnya.

Tema HUT ke-71 Kabupaten Kampar tahun 2021 ini yaitu “Basamo Mambolo Nagoghi” yang merupakan bahasa daerah Ocu Kampar jika diartikan dalam bahasa nasional “Bersama memelihara negeri”. Selain itu, rapat paripurna diselenggarakan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19.

Dalam pidatonya, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal ST, mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama ikut berkontribusi membangun Kampar. Sebab menurut Faisal, Kampar harus maju dan bangkit, bersatu padu dalam kebersamaan dan keberagaman.

“Insya Allah kita bisa lebih berinovasi dan menggali potensi-potensi daerah serta senantiasa melibatkan masyarakat umum yang ada di Kabupaten Kampar, jangan sampai kita menjadi penonton di negeri sendiri,” kata Faisal.

Ketua DPRD menambahkan, beberapa hal yang masih perlu dibenahi untuk mewujudkan Kabupaten Kampar yang sejahtera diantaranya adalah masih perlunya meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih merata bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kampar.

Dikatakannya lagi, bahwa dalam rentang sejarah 71 tahun para tokoh, pemimpin serta para pejuang Kabupaten Kampar telah berkarya silih berganti, setiap pemerintahan yang berbakti di masanya telah bekerja keras dan bertekad membangun untuk kabupaten yang lebih baik.

“Kita terus memperkuat sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi. Dan kita juga masih perlu menyempurnakan sistem jaminan sosial dan juga memperkuat regulasi untuk mencegah krisis ekonomi,” jelas Faisal.

Sementara Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH dalam pidatonya mengucapkan hari jadi bagi Kabupaten Kampar Ke-71. Semoga kedepan, Kampar lebih maju, masyarakat agamis dan perkembangan pembangunan yang meningkat.

“Saya ingin menyampaikan beberapa progres pembangunan yang telah kita capai pada beberapa bidang diantaranya Bidang Kesehatan, di bidang ini anggaran yang kita alokasikan digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah pengadaan mobil ambulan yang diperuntukkan untuk setiap desa dalam wilayah Kabupaten Kampar.”ucap Catur.

Bupati Kampar menjelaskan, dari tahun 2017 hingga mendekati ke peryataan Hari jadi Kabupaten Kampar Ke-71 ini, mobil ambulan yang sudah kita realisasikan sebanyak 140 unit ditambah dengan 8 unit ambulan air sehingga total keseluruhannya berjumlah 148 unit.

Sementara untuk penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di alokasikan dana sebesar Rp.18,6 miliar. Pemerintah Kabupaten Kampar juga telah menyiapkan tempat-tempat isolasi bagi masyarakat yang terinfeksi virus Corona antara lain, di stanum dengan kapasitas 100 tempat tidur, Tapung 29 tempat tidur, Tapung Tapung Hilir 28 tempat tidur, XIII Koto Kampar 30 tempat tidur dan Kampar Kiri Hilir 24 tempat tidur.

“Kita terus menghimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, mencuci tangan pakai sabun, Memakai Masker dan Menjaga Jarak serta 3T, Tracing, Tracking dan Treatment.”ujar Catur

Dibidang Pariwisata Bupati Kampar memaparkan sektor ini salah satu yang terdampak Covid-19, namun Bidang ini tetap bisa Survive dengan beberapa capaian yang menggembirakan diantaranya wisata Alam Batu Tilam, dengan pesona goa dan puluhan air terjun yang dikelilingi hutan belantara adat yang terjaga di Desa Kebun Tinggi Kecamatan Kampar Kiri Hulu berhasil masuk tiga besar nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler se Indonesia pada ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Bupati Kampar mengatakan jumlah destinasi wisata di Kabupaten Kampar terus meningkat. Data tahun 2019 destinasi yang dimiliki tercatat ada 90 lokasi. Namun pada tahun 2020 bertambah menjadi 107. Selanjutnya jumlah warisan budaya tak benda nasional juga bertambah menjadi 11 dengan dimasukkannya Nolam Maawwo danau Balik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dibidang pengelolaan keuangan Bupati Kampar memaparkan bahwa penyusunan laporan keuangan pemerintah Kabupaten Kampar dalam empat tahun berturut-turut berhasil memperoleh predikat tertinggi yaitu, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.

“Alhamdulillah tahun anggaran 2020, Pemerintah Kabupaten Kampar tidak mengalami gagal bayar walaupun ditahun ini anggaran Pemerintah Kabupaten Kampar mengalami badai yang cukup besar setelah beberapa kali dilakukan rasionalisasi dan refocusing.”kata Catur. (Galery/HMS/sya)

Ketua DPRD Kampar M Faisal pimpin Sidang Paripurna HUT Kabupaten Kampar ke71.
Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

 

 

 

 

 

 

Anggota DPRD Kabupaten Kampar.
Suasana Sidang Paripurna HUT Kampar.

 

 

 

 

Ninik Mamak dan pemangku adat Kampar.
Para undangan menghadiri HUT Kampar.

 

 

 

 

 

Ketua DPRD Kampar M Faisal bersalaman dengan Bupati Kampar H Catur Sugeng.
Forkopimda Kampar

 

 

 

 

 

 

Anggota DPRD Kampar berfoto bersama.
Bupati Kampar H Catur Sugeng bersama istri.