Sekarang Pihak Swasta Boleh Kelola Blok Rokan dengan Cara Kerjasama BUMD

Pekanbaru (Nadariau.com) – Sekarang Pemerintah membuka peluang usaha bagi perusahaan swasta di Provinsi Riau untuk mengelola ladang minyak Blok Rokan. Pola kerjanya, perusahaan swasta tersebut akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau, Indra Agus Lukman mengatakan, tahun ini pengelolaan blok rokan akan beralih dari pihak Chevron ke PT Pertamina. Peralihan ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus nanti.

“Sementara BUMD ikut dalam pengelolaan blok Rokan. Untuk itu, sekarang Pemprov Riau sedang mempersiapkan kesiapan dan kelengkapan BUMD untuk mengelola ladang minyak tersebut. Selain itu, perusahaan swasta juga boleh turut serta dalam pengerjaannya,” kata Indra, Sabtu (30/1/2021).

Indra menjelaskan, selama ini sudah banyak pihak swasta yang berkompeten untuk ikut mengelola Blok Rokan. Nantinya pihak swasta itu juga bisa bekerjasama dengan BUMD Riau. Namun memang keputusan akhir terkait pengelolaan Blok Rokan tetap pada pihak Pertamina.

“Untuk jasa penunjang, BUMD kita kan banyak juga. Apalagi pihak swasta, nanti tinggal kerjasama pihak swasta dengan BUMD kita. Kalau untuk jasa penunjang Riau sangat siap. Tapi tetap yang menentukan nantinya pihak Pertamina,” kata Indra, Sabtu (30/1/2021).

Sementara itu, terkait tenaga kerja yang ada saat ini pasca alih kelola tersebut, menurut Indra, sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar juga sudah membicarakan dengan pihak Pertamina terkait tenaga kerja. Dimana pihak Pertamina berkomitmen akan tetap menggunakan tenaga kerja saat ini, yang juga merupakan putra daerah.

“Terkait tenaga kerja juga sudah dibicarakan, dari hasil pertemuan pak Gubernur dengan pihak Pertamina, bahwa mereka berkomitmen menggunakan tenaga kerja yang ada saat ini,” ujarnya. (mcr/edr)