Adi Sukemi Diberhentikan dari Jabatan Ketua DPRD Pelalawan

Pelalawan (Nadariau.com) – Rapat Paripurna peresmian pemberhentian Ketua DPRD atas nama Adi Sukemi ST MM dihadiri 15 anggota Dewan, pada Senin (5/10/2020).

Paripurna dipimpin Syafrizal SE Wakil Ketua I DPRD Pelalawan didampingi H Anton Sugianto SUd Wakil Ketua II DPRD Pelalawan.

Adi Sukemi ST MM resmi mundur dari Ketua dan anggota DPRD karena maju Pilkada berpasangan dengan HM Rais MPd I yang diusung tunggal partai Golkar.

Rapat Paripurna Peresmian Pemberhentian Ketua DPRD Pelalawan atas nama Adi Sukemi ST MM sebagai salah satu syarat bagi Paslon maju Pilkada Pelalawan.

Dalam paripurna, pimpinan sidang Syafrizal, SE mempersilahkan Masri Spd Mpd Sekretaris Dewan (Sekwan) membacakan keputusan DPRD Pelalawan. Masri membacakan keputusan DPRD Pelalawan nomor : KPTS. 22/DPRD/2020 tentang pemberhentian Ketua DPRD Pelalawan masa jabatan 2019 – 2024.

“Rapat paripurna pemberhentian pimpinan DPRD Pelalawan yakni atas nama Adi Sukemi ST MM dari tanggal ditetapkan dan segala biaya yang ditimbulkan. Keputusan ditetapkan di Pangkalan Kerinci 5 Oktober 2020,” paparnya.

Usai paripurna, Syafrizal SE menyampaikan bahwa Ketua DPRD yang resmi diberhentikan akan digantikan secara definitif sesuai rekomendasi dari partai Golkar.

“Sekarang yang paripurna peresmian pemberhentian. Selanjutnya baru prosesnya nanti yang diajukan oleh Fraksi Golkar untuk pengganti antar waktu (PAW)nya. Yang pastinya harus dilantik dulu PAW sisa jabatan sebagai syarat untuk merekomendaaikan Ketua DPRD Pelalawan yang baru. Kita tunggu saja, kemungkinan besar akan digelar pasca Pilkada namun semua tergantung partainya,” ucap Syafrizal.

Terkait hanya dihadiri 15 anggota dewan saja, Masri Sekwan menyampaikan bahwa rapat paripurna sifatnya internal dan tertutup hanya pengumuman peresmian pemberhentian.

Sementara itu, Nazarudin SH salah satu anggota DPRD Fraksi Golkar yang hadir menyatakan proses PAW dan pengusulan Ketua belum ada dibicarakan di internal Golkar.

“Soal PAW anggota DPRD dan pengganti Ketua DPRD dari internal Golkar belum ada pembahasan internal. Golkar saat ini fokus Pilkada dan kemenangan paslon yang diusung partai Golkar Adi Sukemi ST MM dan HM Rais SPd MPd I. Kita masih menunggu arahan Ketua DPD Golkar dan Dewan Penasehat. Intinya fokus Pilkada untuk kemenangan Golkar,” ujarnya. (liaz)