Dampak Covid-19 APBD-P Kota Pekanbaru Naik dari Anggaran Sebelumnya

Pekanbaru (Nadariau.com) – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun 2020, naik sebesar Rp184,701 miliar dari anggaran sebelumnya. Rapat Paripurna pengesahan APBD-P sudah dilaksanakan pada telah disahkan, Rabu (30/9/2020).

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Novrizal mengatakan bahwa dalam APBD Perubahan ini ada peningkatan. Dari Rp2,613 triliun naik menjadi Rp2,798 triliun.

“Ada kenaikan sekitar Rp185 miliar atau 7,07 persen,” kata Novrizal, Kamis (1/10/2020).

Penambahan itu kata Novrizal, terkait dengan penanganan Covid-19. Namun di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga mengalami penurunan.

Ia menilai, pergeseran anggaran saat ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. “Hanya saja ada refocusing dana untuk penanganan Covid-19 dan ini memang dibutuhkan untuk itu,” terangnya.

Bahkan, pihaknya meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar segera melakukan pengadaan labaratorium Biomolekuler untuk penanganan Covid-19. Hal itu untuk melakukan  pemeriksaan swab test Covid-19 di Kota Pekanbaru.

Ia menilai bahwa kasus Covid-19 di Pekanbaru terus meningkat dengan penambahan kasus rata-rata seratus per hari. Sehingga ini perlu segera ditindaklanjuti.

“Jika sudah ada alat sendiri tentu kita akan mudah melakukan swab,” pungkasnya. (jal)