DPD FERARI Riau Selenggarakan UPA, 40 Orang Calon Advokat Ikuti Tes

Peserta Ujian Profesi Advokat (UPA) Angkatan II tahun 2020, diselenggarakan DPC FERARI Kampar dan DPC FERARI Kota Pelanbaru

Pekanbaru (Nadariau.com) – Setelah menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI), Riau, Minggu 14 Agustus 2020, melangsungkan Ujian Profesi Advokat (UPA) di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), diikuti 40 orang calon Advokat.

UPA merupakan penentuan final bagi para calon advokat, layak atau tidaknya menyandang profesi bergengsi tersebut.

Ketua DPC FERARI Kota Pekanbaru, sekaligus Sekretaris Panitia Pelaksana PKPA dan UPA angkatan II tahun 2020, Firdaus, S.Ag, SH mengatakan, sepekan sebelumnya sudah selesai mengadakan pendidikan khusus terkait dengan keilmuan yang berhubungan dengan profesi Advokat.

Di sisi lain, Ketua DPC FERARI Kampar, sekaligus sebagai Ketua Panitia Pelaksana, Busrianto, S.H mengungkapkan, peserta yang mengikuti UPA ini tidak semuanya berasal dari PKPA Ferari Riau, ada beberapa orang peserta yang sebelumnya mengikuti PKPA di Organisasi Advokat lain.

“Ada sebagian yang mengikuti PKPA  dari organisasi advokat di luar Ferari, seperti Peradi dan lainnya, ada juga mereka yang mengikuti PKPA di fakultas Hukum tempat mereka pendidikan sarjananya,” beber Busrianto.

Bagi yang lulus akan dinobatkan melalui sumpah profesi advokat, setelah itu diperbolehkan menjalankan tugas dengan profesional. Profesional, menjaga kode etik serta benar benar menjalankan profesinya sesuai dengan aturan dan perudang- undangan yang berlaku, tambahnya lagi.

Sementara Andriadi SH, Sekretaris DPD Ferari Riau yang juga hadir dalam pembukaan UPA ini mengingatkan, kepada peserta ikuti ujian dengan baik, fokus dan berusahala memberikan jawaban yang benar pada setiap soal yang di ujikan.

” Selangkah lagi, rekan rekan akan menjadi advokat, ikuti ujian dengan baik, sebab yang akan menilai jawaban peserta bukan dari panitia lokal, tapi akan di kirim ke DPP Ferari di jakarta” Ujarnya.

Terlepas dari itu Andriadi , SH berharap semua peserta lulus,   bagi mereka yang sudah memenuhi persyaratan untuk di lakukan penyumpahan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pengadilan Negeri Pekanbaru mengatur jadwal pelaksanaan Sumpah Advokat Anggota Ferari Riau.

” Yang lulus memenuhi persyaratan sebagai mana yang di atur perundang-undangan,  akan kita usulkan untuk mengikuti Sumpah advokat secepatnya ” Ujarnya. (DW)