Penyelesaian Administrasi Kepegawaian Lulusan IPDN Dengan Kemendagri RI Diikuti Pemprov Riau Secara Virtual

Pekanbaru (Nadariau.com) – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau Ikhwan Ridwan mengikuti rapat koordinasi dalam rangka Wisuda dan Pelantikan Pamong Praja Muda Lulusan (PPM) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXVII Tahun 2020 serta Penugasan Lulusan IPDN Angkatan XXVI Tahun 2019 secara virtual di Ruang Kerja Sekdaprov Riau, Jumat (24/07/2020).

Turut hadir dalam rapat virtual tersebut, Rektor IPDN Dr Hadi Prabowo, Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Dalam Negeri RI Rahajeng Purwati, dan perwakilan Sekretaris Daerah Provinsi se Indonesia serta Kepala BKD seluruh Provinsi di Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri RI Muhammad Hudori menyampaikan bahwa saat ini kita membahas penyelesaian administrasi kepegawaian lulusan IPDN angkatan XXVI Tahun 2019 dan angkatan XXVII Tahun 2020.

“Sebagaimana kita ketahui, khusus untuk angkatan XXVI lulusan IPDN berjumlah 744 orang. Jadi dari 744 orang ini telah diangkat menjadi CPNS Kemendagri dan dilaksanakan orientasi tugas pada pemerintahan provinsi asal sementara yaitu terhitung sejak 1 Agustus 2019 sampai ditetapkannya keputusan penetapan tugas secara defenitif,” katanya.

Lanjutnya, juga untuk angkatan XXVI lulusan IPDN akan diangkat menjadi PNS terhitung mulai 1 Agustus 2020 dan ditempatkan atau ditugaskan pada tempat yang baru dan terhitung mulai 1 Oktober 2020.

Hudori mengungkapkan, berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 62 Tahun 2020 yang sudah dilakukan revisi yaitu merubah Permendagri Nomor 34 Tahun 2011 tentang Penempatan Tugas Lulusan IPDN.

“Alokasi penempatan PNS lulusan IPDN ini ditempatkan secara personal dengan presentasi 0-15 persen untuk instansi pusat. Kemudian 85-100 persen untuk instansi daerah,” ungkapnya.

Kemudian, yang kedua, penempatan tugas lulusan IPDN pada instansi pusat ini dilakukan secara proporsional dengan mempertimbangkan 6 kriteria diantaranya, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), permintaan dan kebutuhan, keterwakilan provinsi, jurusan dan program studi, kondisi sosiokultural, dan atau anggaran belanja pegawai setiap instansi.

“Untuk angkatan XXVII Tahun 2020 bahwa, lulusan IPDN nya yang berjumlah 881 orang dan akan direncanakan Wisuda dan Pelantikan PPM pada 28 Juli 2020 yang dilaksanakan di dua tempat, yaitu di IPDN Jatinangor dan IPDN Cilandak,” pungkasnya. (mcr/jal)

 60 total views