Pasca Ratusan Mobil Terobos Pos Pemeriksaan di Sijunjung, Penjagaan di Perbatasan Sumbar Riau Diperketat

Sumbar (Nadariau.com) – Polda Sumbar melakukan penambahan jumlah personel untuk perketat penjagaan di perbatasan Riau-Sumbar. Persisnya di Kabupaten Sijunjung

Penambahan personel setelah ratusan mobil menerobos pos pemeriksaan setempat pada Kamis, 21 Mei 2020 dini hari.

Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto mengatakan dirinya telah berkunjung langsung ke Sijunjung untuk mengetahui penyebab adanya kejadian tersebut sehari sebelum Idul Fitri.

“Memang kendalanya adalah kekurangan personel dan solusinya adalah menambahkan jumlah personel di posko tersebut,” kata dia di Padang, Sabtu malam.

Dia menambahkan akan menambah personel hampir satu kompi di wilayah tersebut untuk mengantisipasi hal serupa terulang kembali. Selain itu, Polda Sumatera Barat juga bekerja sama dengan Polda Riau juga menempatkan personel mereka di wilayah perbatasan mereka dengan Sumbar.

“Total ada 68 pos pemeriksaan di Sumatera Barat dan tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dari luar daerah masuk ke Sumbar,” kata dia.

Dijelaskannya, saat ini personel Polri, TNI serta instansi terkait terus melakukan pemeriksaan di wilayah perbatasan baik di perbatasan provinsi maupun kota dan kabupaten. “Kami tidak ingin warga yang dari zona merah pergi ke luar daerah. Ini dapat menyebarkan virus sehingga pemeriksaan di perbatasan terus dilakukan,” ujarnya. (bpc/dan)