Plt Walikota Tanjungpinang Sidak Pasar untuk Melihat Kepatuhan Masyarakat Atas Penggunaan Alat Pelindung Diri

Tanjungpinang (Nadariau.com) – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Tanjungpinang, Rahma, menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Baru, Jalan Pasar, Kota Tanjungpinang.

Sidak ini untuk memantau harga bahan pokok, sekaligus melihat kepatuhan masyarakat atas penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) saat pandemi Virus Corona (COVID-19) yang hingga kini belum berakhir di tanah air.

APD yang dimaksud adalah pemakaian master dan melakukan menggunakan Hand Sanitazer di kalangan pembeli dan pedagang. Rahma melihat, aktivitas warga sangat ramai di lokasi pasar ini, Minggu, (10/5/2020).

Sidak Rahma, ikut didampingi Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kasatpol PP, Kepala BPBD dan Dirut BUMD Kota Tanjungpinang.

Rombongan langsung menemui para pedagang dan mengecek harga bahan pokok disejalankan dengan memberikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat, baik pembeli maupun pedagang yang beraktivitas di Pasar Baru.
Harga Cabe dan Bawang Menurun

Rahma mengecek satu-persatu kios, seperti kios sayur-mayur dan daging dicek, serta kebutuhan pokok lainnya. Ia juga bertanya terkait harga komoditi yang dijualnya. Dalam meninjau pasar tersebut, Rahma juga dengan tujuan memantau kepatuhan masyarakat untuk patuh menggunakan masker agar dapat menghindari tertularnya Virus Corona saat beraktivitas di Pasar Baru, sembari memantau sejauh mana ketersediaan stok barang dan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2020.

“Alhamdulillah, setelah dilakukan pemantauan dilapangan, tingkat kesadaran masyarakat menggunakan masker sudah sangat baik. Meskipun masih ada beberapa warga yang tidak menggunakan masker, namun langsung kita berikan masker, serta pemahaman atas pentingnya penggunaan masker saat berada dilingkungan ramai orang,” ujar Rahma.

Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok sampai hari ini, masih relatif normal dan terjangkau. Bahkan informasi yang disampaikan oleh para pedagang, ada beberapa harga kebutuhan pokok yang cenderung menurun, seperti cabe merah dan bawang. Hal ini bisa dipastikan ketersediaan kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri dapat terpenuhi dengan baik di Kota Tanjungpinang.

“Tentu harapan kita bersama semoga tidak ada kenaikan harga yang melonjak naik menjelang perayaan hari besar tahun ini, dan seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang selalu diberikan kesehatan, serta Virus corona segera berakhir, agar kita semua dapat melakukan aktivitas secara normal kembali,” harap Rahma.

Untuk pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Baru Tanjungpinang, cabai merah dan cabe rawit dikisaran harga Rp 28.000 per kilogram, bawang putih Rp 30.000 per kilogram, bawang jawa Rp 40.000 per kilogram, bawang birma Rp 24.000 per kilogram, bawang india Rp 18.000 per kilogram, kentang Rp 15.000 per kilogram, tomat Rp 12.000 per kilogram, wortel Rp17.000 per kilogram, dan untuk harga ayam boiler kisaran Rp 37.000 per kilogram. (rudi)