Sekolah di Pekanbaru Sudah Terapkan Program Adiwiyata

Pekanbaru (Nadariau.com) – Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mencatat sudah terdapat sekitar 70 persen sekolah tingkat SD dan SMP yang telah menerapkan program Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan.

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal Mpd menyebutkan, bahwa melalui program Adiwiyata diharapkan seluruh warga sekolah termasuk masyarakat di sekitar sekolah bersangkutan dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau merupakan lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh.

“Tujuan pembentukan sekolah berwawasan lingkungan ini kan agar seluruh pihak terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan. Dan  pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi saat ini dan yang akan datang,” ungkap Jamal, Senin (2/12/2019).

Dijelaskan Jamal, meski program Adiwiyata digagas oleh Kementarian Lingkungan Hidup, namun selaku instansi yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan, Dinas Pendidikan berkomitmen mendukung program tersebut terlaksana sepenuhnya pada semua sekolah di Pekanbaru.

“Program Adiwiyata merupakan pembelajaran secara tidak langsung yang akan didapatkan oleh siswa. Oleh sebab itu, kami di lembaga pendidikan mendukung program ini terlaksana, bahkan membantu dinas terkait lainnya mengoptimalkan pelaksanaannya,” ucap Jamal.

Lebih jauh disampaikan Jamal, selain Adiwiyata, sekolah di Pekanbaru juga mulai menjalankan berbagai program terkait kebersihan lingkungan. Seperti sekolah sehat, sekolah ramah anak dan sekolah sahabat keluarga.

“Nanti kita juga akan membentuk sekolah siaga,” tutur Jamal. (ind)