Ketua DPRD Pekanbaru Tinjau Sungai Sail Sebagai Salah Satu Sungai Antisipasi Banjir

Pekanbaru (Nadariau.com) – Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS SIp, meninjau salah satu aliran sungai sail 1, di Jalan Markisa Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, yang diduga sangat penting untuk pengaliran air saat hujan turun.

Pasalnya dilokasi ini, sudah banyak keluhan warga terkait persoalan banjir yang senantiasa terjadi saat hujan mengguyur, Kota Pekanbaru,

Hamdani didampingi pihak PUPR Kota Pekanbaru, Camat Marpoyan Damai, Seklur Wonorejo, Ketua RT, Ketua RW, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, tampak meninjau anak sungai sail 1 yang melintasi 5 RW dari 7 RW yang ada di Kelurahan Wonorejo.

Serta juga sebagai batas alam dengan Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai. Dimana lokasi tersebut kerap kali terjadi banjir hingga meluap ke badan jalan.

“Anak sungai Sail 1 yang melintasi Kelurahan Wonorejo dan Kelurahan Tangkerang Tengah dari Jalan Tuanku Tambusai hingga jalan Sudirman seberang Hotel Central sepanjang lebih kurang 1,98 kilometer,” ujar Seklur Wonorejo Syahrial, kemarin.

Sementara Ketua DPRD Hamdani menilai, seringnya terjadi banjir di wilayah ini dikarenakan anak sungai Sail 1 sudah terjadi pendangkalan dan dinding turap yang sebagian besar sudah hancur.

“Kita berharap dinas terkait untuk dapat melakukan tindakan yang diperlukan dalam jangka pendek ini. Dan segera menuntaskan permasalahan tersebut,” harap Hamdani.

Pihak PUPR melalui salah satu Kepala Bidang Erdo, memastikan, akan menurunkan tim kuning di hari Senin dan akan melakukan pekerjaan fisik pada tahun 2020 serta melakukan tindakan berkelanjutan dengan harapan permasalahan banjir di kawasan tersebut dapat segera tuntas.

” Ya kita akan turun ke lapangan untuk melakukan fisik. Selain itu akan melakukan pengerukan. Dengan begitu, permasalahan banjir bisa diatasi,” ujar Erdo.

Sementara itu, warga dan tokoh masyarakat menyambut baik apa yang disampaikan dari PUPR tersebut dan mengharapkan dapat di kontrol oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru yang juga Ketua RW 4 di Kelurahan Wonorejo.(jal)