Diusia Senja, Indra Bella Teknisi Umri Lulus Sarjana Hukum di Kampus Sendiri

Indra Bella, Karyawan Umri bidang Teknisi.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Tidak ada kata terlambat untuk menimba ilmu semasa hidup, itulah yang tertanam dibenak Indra Bella, karyawan bidang teknisi di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

Beliau Mulai kuliah tahun 2015 dan bisa menyelesaikan masa perkuliahan selama hampir lima tahun di kampusnya sendiri. Dia telah mengenakan toga pada wisuda ke XVII tanggal 26 Oktober 2019.

Perjalanan hidupnya tidak lah mudah. Seorang karyawan biasa yang memiliki semangat pantang menyerah ini telah merasakan pahit manis selama berada dibangku perkuliahan.

Kenapa tidak, diusia senjanya, baru terpikir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Dulu, seusai bekerja, ia masih senang nongkrong bersama teman – temannya. Baik
di kampus maupun diluar kampus.

Sekarang ia harus duduk dalam kelas bersama anak – anak remaja yang masih segar – segar. Jika dilihat Sepintas lalu, suasananya memang menyenangkan. Namun sebenarnya, perasaannya sangat galau, ketika memandang dirinya tidak lagi sesegar yang dilihatnya.

Tetapi perasaan itu dihilangkan dengan cara mencoba membuat hiburan melalui media sosial Tik Tok. Karena kelucuannya, Indra Bella mendapat julukan ‘Raja Tik Tok Umri’.

Semua mahasiswa dan karyawan kampus sangat menghargai dirinya. Bahkan mahasiswa dan atau karyawan tersebut sering memposting hasil karya Tik Tok – nya di media sosial.

“Tik Tok itu hanya untuk menghibur kawan – kawan saja. Saya tidak ada dapat duit dari media Tik Tok itu,” kata Indra Bella, kelahiran Pekanbaru 4 Mei 1974.

Dulu, Indra Bella hampir tidak mau melanjutkan perkuliahan. Karena terbebani oleh beban ekonomi dan pikiran. Sebab empat orang anaknya sekolah. Dan anak paling besar sedang kuliah jurusan ilmu komunikasi di Umri.

Namun berkat dorongan dari istrinya Efmiyanti, anak – anak, saudara dan kawan – kawan di kampus, beliau kembali masuk kelas untuk melanjutkan masa perkuliahan.

Sekarang pria berkumis tipis nan lucu yang suka memakai cincin batu akik itu merasa senang bercampur haru. Karena sudah bisa menyandang gelar Sarjana Hukum (SH).

Bukan orang lain saja tidak percaya terhadap keberhasilannya. Namun dirinya juga tidak percaya bahwa dirinya sudah memiliki gelar SH.

“Saya asli loh sudah wisuda. Toga ini memang pakaian wisuda saya,” katanya saat menjawab pertanyaan kawan – kawannya sesama bekerja di kampus, sambil bercana gurau.

Ketika ditanya kemana rencananya setelah wisuda, dengan polos dirinya mengaku tetap mengabdi kepada Umri. Karena, melalui dorongan dari kampus, beliau telah bisa menamatkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Sementara ilmu yang ditimbanya selama berada di bangku perkuliahan akan dijadikannya sebagai bekal untuk mendidik diri, keluarga dan orang lain.

Sebab ia sangat suka mengetahui undang – undang, peraturan dan lain lain sejak dulu. Tujuannya, agar dirinya tidak mudah diinjak injak dan ditindas oleh orang lain.

“Pagi tadi, sebelum acara wisuda, saya masih memanjat – manjat tiang memasang kabel listrik. Setelah acara wisuda ini, saya tetap melanjutkan pekerjaan. Karena kita harus bertanggungjawab terhadap pekerjaan kita,” ucap Indra sambil menunjuk lokasi kerjanya.

Kisah Indra Bella bisa menjadi motivasi diri bagi orang lain. Meski beban hidupnya sangat berat, namun beliau bisa menyekolahkan anak – anak dan dirinya. Bahkan beliau juga termasuk lulusan terbaik di Jurusan Ilmu Hukum Umri.

“Jadi tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini, untuk mengejar sebuah impian yang baik. Tetap lah berjuang untuk mengejar impian, karena dimana ada kemauan disitu ada jalan,” kata salah seorang karyawan Umri, Khairul, yang juga merasa bangga melihat keberhasilan Indra Bella meraih gelar sarjana hukum. (ind)