Siapkan Kelengkapan Kendaraan, Polda Riau Gelar Operasi Zebra Muara Takus 2019

Pekanbaru (Nadariau.com) – Siapkan kelengkapan kendaraan anda jika ingin bepergian. Karena Kepolisian Daerah (Polda) Riau telah memulai Operasi Zebra Muara Takus 2019.

Operasi Zebra 2019 dilaksanakan mulai 23 Oktober sampai 5 November 2019 diseluruh wilayah Indonesia. Khusus wilayah Provinsi Riau, akan melibatkan 320 personel yang menyebar dibeberapa titik.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi langsung memimpin apel pasukan dalam Operasi Zebra Muara Takus 2019, Rabu (23/10/2019).

“Operasi Zebra Muara Takus ini adalah tingkah laku masyarakat dalam berkendara di jalan raya dengan baik. Nah, tujuannya untuk menertibkan kembali agar terhindar dari kecelakaan berlalu lintas dan melengkapi surat-surat kendaraan serta Savety Reading,” kata Jenderal berbintang dua ini di halaman Mapolda Riau.

Menurut Agung, operasi ini selain menindungi masyarakat dalam berkendara lalu lintas, juga ingin menekan jumlah angka kecelakaan di jalan raya dari luka ringan, luka berat bahkan menyebabkan meninggal dunia.

“Operasi Zebra Muara Takus ini akan berjalan selama dua pekan terhitung dari hari ini, Rabu (23/10/2019). Dalam operasi ini kita libatkan 320 personel Polda Riau serta kawan-kawan dari TNI dan Stakeholder terkait,” sambung Agung.

Selain itu, bagi masyarakat yang kedapatan melanggar aturan berlalu lintas, kata Kapolda, petugas akan langsung mengambil tindakan hukum. Dan untuk TNI, POM sendiri yang akan mengambil alih untuk penindakannya.

“Tujuan kita, berkolaborasi dengan instansi lainnya dalam penegakkan hukum ini. Ini perlu dipahami, dalam penegakan hukum berlalu lintas warga perlu paham dan patuhi sesuai UU berkendara yang diatur. Perlu dipahami juga, dimata hukum kita sama,” tutup Kapolda. (son)