Siswa SMPN 34 Pekanbaru Hasilkan 20 Produk Olahan Siswa

Pekanbaru (Nadariau.com) – Siswa Sekolah Menengah  Pertama (SMP) Negeri 34 Pekanbaru memamerkan hasil produk olahan siswa. Alhasil, sebanyak 20 produk olahan siswa ditampilkan di sekolah.

Kepala SMPN 34 Pekanbaru Elvi Devita. MPd, mengatakan kegiatan ini diikuti seluruh kelas mulai dari siswa kelas VII, VIII dan IX. Setiap kelas membuat produk olahan baik itu berupa makanan dan minuman.

Tujuan dari kegiatan ini merupakan bagian dari salah satu program persiapan adiwiyaya mandiri. Dimana, sekolah yang akan disiapkan sebagai adiwiyata mandiri harus menghasilkan produk unggulan sekolah.

“Kalau produk unggulan kita tidak terlalu sulit sebab, ada 20 produk unggulan yang kita siapkan,” kata Elvi Devita, Senin (11/10).

Selain untuk persiapan adiwiyata mandiri, kata Elvi, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa dalam menghasilkan produk olahan baik makan dan minuman.

Beberapa produk siswa seperti yang dihasil oleh siswa kelas IX1 ini menghasilkan minuman sehat kunyit asam.

Bahan pembuatan kunyit asam ini antara lain kuncit, asam jawa, gula merah dan jeruk nipis. Cara pembuatanya pun gampang, dimana seluruh bahan direbus, setelah direbus, lalu disaring dan siap diminum.

Minuman kunyit asam ini digunakan untuk menghilangkan toksin dalam tubuh, penambah nafsu makan, menghangatkan tubuh serta menghilangkan bau badan.

“Jadi siswa bisa membuatnya dirumah, gampang dan bahanya tidak terlalu sulit,” kata wali kelas IX 1, Hasna Eli disela kegiatan.

Sementara kelas VII 4 bagaimana membuat peyek bayam. Wali kelas VII 4 Herwita mengatakan bahan pembuatan peyek bayam ini antara lain kuncit, bawang putih, kemiri, tepung tapioka dan minyak makan. Cara pembuatannya pun juga gampang, semua bumbu dihaluskan dimasukan tepung tapioka dan air secukupunya. Setelah itu bayam dicelupkan didalam adonan dan baru digoreng.

Lain hal dengan produk yang dihasilkan oleh siswa kelas IX4. Siswa ini membuat makan kue bolu dari pasta pandan. (ind)