Omzet Bisa Tembus Rp5 Juta Per Bulan, Bisnis Benih Lele dan Tanaman Air Menggiurkan

Pekanbaru (Nadariau.com) – Bisnis benih ikan lele itu sangat menggiurkan. Ikan lele salah satu komidi bisnis karena jenis ikan ini sangat tinggi permintaannya. Sehingga peluang bisnis tercipta untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Peluang inilah yang ditangkap oleh Doni Putra. Dia pemilik usaha budidaya benih ikan lele di waduk Universitas Riau. Dalam sebulan omzet dari penjualan bibit ikan lele dan budidaya tanaman air ini bisa mencapai Rp5 juta per bulannya.

Doni membuka tempat budidaya benih ikan lele ini dan mengelolanya bersama adik tingkat ketika kuliah dulu. Uniknya budidaya ini tidak hanya tentang benih ikan lele tetapi juga dengan tanaman air untuk makanan ikan.

“Kami tidak hanya menjual benih ikan, tapi kami juga menjual tanaman air, tanaman itu berupa Azola dan Wolfia Arizha,” ujar Doni Putra saat berbincang dengan bertuahpos.com, Rabu, 9 Oktober 2019.

Dengan budidaya benih ikan lele ini, Doni  menjelaskan, minimal 2 kali dalam seminggu dia bisa pasok kebutuhan bibit ikan lele hingga ke beberapa daerah di Riau. Benih ikan lele yang disuplai berusia memasuki 2 bulan.

“Omset yang di dapat dalam setiap bulannya mencapai Rp5 juta, tapi saat sekarang ini harga ikan sedang menurun jadi omset bulanan pun menurun. Suplay benih ikan ini diantar ke beberapa daerah di Pekanbaru seperti, Rohul, Inhu, Kampar dan juga Duri,” ungkapnya. (bpc/dan)