Rossi Belum Tentu Pensiun, Quartararo Dilirik Yamaha

Eropa (Nadariau.com) – Pengamat MotoGP, Carlo Pernat menilai pergerakan pebalap untuk MotoGP 2021 sudah dimulai saat ini. Ia yakin Valentino Rossi belum tentu pensiun dan Maverick Vinales kemungkinan bakal pindah ke Ducati.

Para pebalap top yang ada di MotoGP saat ini rata-rata punya ikatan kontrak hingga akhir MotoGP 2020. Dengan demikian, MotoGP 2021 bakal jadi awal baru bagi sejumlah pebalap.

Penampilan apik Fabio Quartararo jadi salah satu hal yang menyita perhatian. Meski tampil bersama tim satelit, Quartararo terbukti mampu menjadi pesaing utama Marquez di beberapa seri balapan.

Dengan usia Quartararo masih 20 tahun, Pernat yakin Yamaha tidak akan buang waktu untuk mengamankan kontrak Quartararo sehingga ia tak hengkang ke pabrikan lain.

“Saya pribadi percaya Yamaha sudah menandatangani kontrak bersama Quartararo agar ia jadi pebalap tim pabrikan di 2021,” ucap Pernat seperti dikutip dari GPOne.

Dengan kehadiran Quartararo, maka salah satu pebalap Yamaha, Rossi atau Maverick Vinales bakal tersingkir. Skenario akan lebih mudah bila Rossi memutuskan kariernya di MotoGP bakal selesai di akhir MotoGP 2020.

Namun Pernat melihat Rossi belum menunjukkan sinyal untuk memastikan MotoGP 2020 bakal jadi musim terakhirnya di dunia balap. Karena itu, Pernat menilai Vinales yang bakal hengkang dari Yamaha di tahun 2021.

“Rossi mengirim pesan lewat pergantian kepala mekanik. Langkah itu menunjukkan bahwa Rossi masih ingin ada di dunia MotoGP, ia memainkan kartu terakhirnya agar bisa tampil kompetitif.”

“Tidak ada yang tahu saat ini keputusan Rossi untuk melanjutkan karier bila ia merasa masih kompetitif. Namun menurut saya, Vinales punya kesempatan bagus untuk pindah ke Ducati,” kata Pernat.

Pernat juga menyoroti penurunan performa Ducati di musim ini sehingga Marquez bisa lebih mudah memenangkan gelar juara dunia.

“Hubungan pebalap dan tim tidak terlihat bagus. Saya rasa akan sulit bagi mereka untuk bertarung memperebutkan gelar di musim depan.” (cnn/nrc)