ISPU di Riau Tidak Stabil Diakibatkan Karena Arah Angin

Pekanbaru (Nadariau.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan bahwa arah angin saat ini menjadi alasan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Riau selalu mengalami naik turun atau tidak stabil.

Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agung Widodo, menjelaskan asap dan kondisi meteorologi tidak bisa dibatasi oleh batas administratif.

Jelasnya, kondisi cuaca suatu wilayah dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca daerah lainnya.

Sebut Ahmad, meskipun di Riau tidak lagi terdeteksi adanya titik api, namun asap yang mempengaruhi Riau terdeteksi dari wilayah lain di sekitar Provinsi Riau.

“Di Riau sudah tidak ada titik api, namun ISPU di Riau masih belum stabil karena masih terdeteksi adanya asap dari daerah tetangga,” sebutnya, Sabtu (28/9).

Ia menambahkan, arah angin saat ini masih mengarah ke Riau, namun karena cuaca di Riau sudah mulai turun hujan menyebabkan asap tidak lagi menumpuk di Riau seperti beberapa waktu lalu.

“Hujan sudah menyelimuti beberapa daerah di Riau termasuk Kota Pekanbaru, asap dari daerah lain langsung hilang karena terjadi hujan,” ujar Ahmad.

Ahmad memaparkan, saat ini masih terdeteksi asap di wilayah Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

“Arah angin dari Sumatera dan Kalimantan pada umumnya dari Tenggara ke Barat Laut,” tutupnya. (mcr/jal)