Mahasiswa UIN Gelar Aksi Demo Terkait Kabut Asap di Kantor Gubernur Riau

Pekanbaru (Nadariau.com) – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau menggelar aksi demo terkait kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau di depan kantor Gubernur Riau, Senin (16/09/2019).

Aksi tersebut diwarnai dengan membentang spanduk sebagai bentuk protes terhadap pemerintah terkait kabut asap yang kembali terulang di Provinsi Riau.

Selain itu, mahasiswa juga sempat melakukan aksi menggoyang pagar kantor Gubernur Riau. Ratusan aparat keamanan diturunkan mengawal jalannya aksi yang berlangsung sejak pagi hingga menjelang siang.

Korlap Aliansi Mahasiswa UIN Suska Riau, Ikhwansyah dalam pernyataan sikapnya mengatakan, Aliansi Mahasiswa UIN Susqa Riau mengecam segala bentuk aksi pembakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan menimbulkan asap di Provinsi Riau.

Selain itu, mahasiswa juga menuntut pemerintah mencabut izin operasional korporasi yang terlibat dalam karhutla.

Tak hanya itu, massa mahasiswa juga mendesak korporasi menanggung kerugian korban yang mengalami dampak kesehatan dari kabut asap.

Aliansi mahasiswa UIN di depan kantor Gubernur Riau menjelang siang ditemui langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

Di hadapan mahasiswa, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa usaha pencegahan tetap dilakukan. sekarang ini memasuki musim kemarau.

“Kita juga bekerja keras memenuhi kebutuhan masyarakat dan mencegah masyarakat agar tidak membakar lahan. Kenyataannya hari ini memang kawasan hutan banyak yang terbakar. Kepada anak-anak kami yang berada di kampung-kampung bantu juga kami memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan,” katanya.

“Kita juga meminta Bupati atau Walikota untuk menambah relawan mengatasi karhutla ini. Dan, Walikota jika ada perusahaan dan korporasi dengan sengaja kedapatan melakukan pembakaran hutan dan lahan izinnya akan kita bekukan,” tegasnya.

Aksi tersebut ditutup dengan penyerahan pernyataan sikap kepada Gubernur Riau.

Sementara pantauan media, aksi yang sama juga digelar oleh mahasiswa dari universitas yang ada di Riau di depan Gedung DPRD Riau. (son)