Tim Kukerta Unri Sosialisasi Program Ekonomi Kreatif Dari Limbah Lidi Kelapa Sawit

Siak (Nadariau.com) – Tim Kukerta Tematik Universitas Riau (Unri) di Kampung Laksamana, Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak mengadakan sosialisasi pentingnya ekonomi kreatif.

Hal ini diiringi dengan kegiatan pembuatan kerajinan tangan dari lidi sawit bersama masyarakat pada tanggal 13 Agustus 2019, di Aula kantor Kampung laksamana.

Program sosialisasi ekonomi kreatif ini salah satunya bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang pentingnya penerapan ekonomi
kreatif di kalangan masyarakat kampung Laksamana.

Moch Aziz Al-Qadri selaku Koordinator Desa Tim Kukerta Universitas Riau di Kampung Laksamana menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan program untuk menambah keterampilan pada ibu rumah tangga.

“Diharapkan produk piring lidi kelapa sawit menjadi ciri khas kampung laksamana serta menjadi produk oleh-oleh dari Desa Laksamana,” kata Aziz.

Dalam pelaksanaan program ini, ekonomi kreatif dikenalkan kepada masyarakat, mulai dari pentingnya ekonomi kreatif di zaman sekarang.

Karena ekonomi kreatif cukup menyumbang dalam peningkatan PDB Indonesia, manfaat ekonomi kreatif, sektor –sektor ekonomi kreatif. Hingga cara mengamplikasikan ekonomi kreatif itu dalam sebuah kerajinan tangan berbentuk piring dari lidi kelapa sawit.

Pemilihan bahan lidi kelapa sawit sebagai bahan kerajinan ini merupakan bentuk pemanfaatan bahan yang tersedia di desa karena kebanyakan warga memiliki kebun kelapa sawit.

Yang mana lidi kelapa sawit tersebut jika dimanfaatkan akan memiliki nilai ekonomis yang dapat dijual karena piring lidi kelapa sawit merupakan produk yang unik. Dimana biasanya piring lidi berasal dari lidi kelapa.

Pasar dan permintaan produk piring lidi juga cukup besar. Contohnya saja untuk alas hidangan dalam peletakan makanan tradisional, hiasan dan parcel.

“Melalui sosialisasi ekonomi kreatif ini, diharapkan, masyarakat bisa menjadikan program pembuatan kerajinan tersebut terus berlanjut. Dan dapat menjadikan produk piring lidi kelapa sawit sebagai ciri dari kampung laksamana,” harap Aziz. (Moch Aziz Al Qadri/unri)