Sempena HUT RI, Masyarakat Desa Rambah Tengah Hilir Gelar Lomba Panjat Pinang Miring ke Sungai

Rohul (Nadariau.com) – Untuk memeriahkan HUT RI ke – 74 tahun 2019, ratusan masyarakat Desa Rambah Tengah Hilir, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menggelar berbagai lomba yang dipusatkan dipinggiran Sungai Batang Lubuh.

Iven lomba tersebut, sebagai bentuk penghormatan masyarakat atas kemerdekaan yang diraih dengan susah payah dari penjajah hingga mengorbankan harta dan nyawa para pejuang terdahulu.

Iven kemeriahan HUT RI tersebut diprakarsai oleh Pemerintah Desa Rambah Tengah Hilir.

Kepala Desa Rambah tengah Hilir Rudi Hartono mengatakan, adapun Iven lomba yang diselenggarakan, yaitu meniti batang pinang yang condong ke sungai Batang Lubuh.

“Bagi peserta yang berhasil menyentuh bendera merah putih peserta mendapatkan hadiah dari panitia kegiatan,” kata Rudi, Minggu (18/08/2019).

Selanjutnya, lomba mancing ikan yang disebut dengan memopeh ikan badar. Peserta mulai dari anak – anak sampai dengan orang dewasa. Baik laki – laki maupun perempuan.

Kegiatan lomba yang dilakukan mmeruapakan sebagai sujud syukur atas kemerdekaan yang diraih melalui perjuangan para pahlawan dan masyarakat Indonesia umumnya.

“Sebagai bentuk penghormatan atas kemerdekaan RI, kita bersama masyarakat menggelar berbagai Iven lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus,” tutur Rudi.

Dengan dipusatkannya kegiatan lomba tersebut dipinggiran Sungai Batang Lubuh, diharapkan agar masyarakat nanti bisa melestarikan ekosistem wisata yang ada di sungai.

Kemudian peringatan HUT RI ke – 74, masyarakat lebih menyadari arti dari kemerdekaan yang diraih dengan susah payah.

“Karena masyarakat saat ini bukan lagi berjuang merebut kemerdekaan, melainkan bagaimana bisa mempertahankan kemerdekaan itu sendiri,” tutup Rudi. (Tra)