Diskes Riau distribusikan Masker Gratis ke Masyarakat Daerah Guna Antisipasi Asap Karhutla

Pekanbaru (Nadariau.com) – Dinas Kesehatan Provinsi Riau mulai mendistribusikan masker gratis kepada masyarakat di 12 kabupaten/kota Provinsi Riau guna mengurangi risiko kesehatan akibat kabut asap yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan setempat.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau mulai mendistribusikan masker gratis kepada masyarakat untuk mengurangi risiko kesehatan akibat kabut asap yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan.

Menurut Kabid Yankes Diskes Riau Yohanes mengatakan, pembagian masker ini dilakukan di sejumlah jalan utama di kabupaten dan kota di Riau dan menyasar segmen pelajar.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat memantau kualitas udara serta melaporkan kejadian penyakit akibat karhutla

Pembagian masker ini menurut dia, sudah diinstruksikan ke seluruh diskes kabupaten dan kota serta menyasar kelompok masyarakat rentan.

Kelompok yang dimaksud yaitu ibu hamil, lansia, pelajar, anak-anak. Serta masyarakat yang beraktivitas di luar rumah.

Karena itu bila kondisi indeks standar pencemaran udara atau ISPU berada di angka 100-200, kelompok ini diminta untuk tetap berada di rumah atau di dalam ruangan. Selain itu pihaknya juga menyarankan sejumlah langkah untuk menjaga kesehatan selama kabut asap.

Misal menutup sumur dan tempat penyimpanan air agar tidak tercemar partikel debu, serta rutin mengkonsumsi buah dan sayuran. (son)