DPRD Riau Minta Sekolah Swasta Harus Lebih Baik dari Negeri

Pekanbaru (Nadariau.com) – Saat ini, sekolah negeri sangat diminati oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Karena, sekolah negeri dianggab sangat bagus dan bermutu dari sekolah swasta yang ada di Provinsi Riau. Baik dari segi keindahan lingkungan, kelengkapan ruang belajar dan fasilitas sekolah.

“Diakui sekarang anak anak peserta didik baru berlomba lomba masuk sekolah negeri. Karena mereka melihat sekolah negeri jauh lebih baik dari sekolah dikelola swasta,” kata Ketua Komisi IV DPRD Riau, Aherson, Senin (15/07/2019).

Bisa diperhatikan setiap tahun, sekolah swasta hanya bisa menampung peserta didik baru yang tidak diterima di negeri. Sangat jarang, peserta didik baru tersebut lebih mengutamakann sekolah swasta dari sekolah negeri.

Oleh sebab itu, diminta kepada pengelola sekolah swasta untuk meningkatkan sarana prasarana dan mutu pendidikan lebih baik dari sekolah negeri.

Sehingga bisa menarik minat peserta didik baru untuk memilih sekolah swasta dari pada negeri. Sebab banyak orang tua anak yang mampu untuk menyekolahkan anaknya ditempat sekolah swasta.

Diakui, pemerintah tidak akan membangun sekolah sebanyak banyaknya, agar sekolah swasta bisa maju dan berkembang. Maka peluang ini harus bisa diambil pengelola swasta untuk meningkatkan diri kearah lebih baik.

Seperti di Kota Pekanbaru, jumlah sekolah negeri khususnya SLTA, hanya mampu menampung peserta didik baru sekitar 50 persen. Otomatis 50 persen lagi akan memilih sekolah swasta untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya.

“Didaerah lain, sekolah swasta banyak yang bagus – bagus. Karena mereka bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk bergerak lebih baik dari sekolah negeri. Baik dibidang akreditasi, sarana prasarana, mutu pendidikan dan lain – lain,” jelas Aherson. (ind)