Sempena HUT Pekanbaru ke 235, Wawako Kunjungi Makam Marhum Pekan di Senapelan

Wawako Ayat Cahyadi bersama OPD dan Unsur Muspidak di apel HUT Kota Pekanbaru di Kantor Pemko Pekanbaru, Tenayan Raya.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi bersama rombongan mengunjungi Komplek Pemakaman Marhum Pekan, di Komplek Masjid Raya Pekanbaru, Senapelan, Kota Pekanbaru, Ahad (23/06/2019).

Setiap tahun kepala daerah Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru rutin datang ke pusara Marhum Pekan untuk memanjatkan doa kepada para pendiri Pekanbaru.

Ayat mengatakan dalam sejarah Pekanbaru berdiri pada 23 Juni 1784 silam. Hingga sekarang usianya sudah 235 tahun.

“Oleh sebab itu, kunjungan ziarah kubur ke makam pendiri Pekanbaru, merupakan bentuk penghormatan kepada nenek moyang kita. Melalui doa, diharapkan arwahnya di tempat terbaik oleh Allah SWT,” kata Ayat.

Wawako besama unsur Muspida berziarah ke makam Marhum Pekan, sebagai pendiri Kota Pekanbaru.

Pada kesempatan itu, Ayat bersama perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendampinginya, menaburkan bunga diatas makam tersebut.

Setelah kegiatan kunjungan ke Makam Marhum Bukit, Ayat bersama rombongan pergi mengikuti kegiatan Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kota Pekanbaru.

Paripurna HUT Pekanbaru di Gedung DPRD Pekanbaru dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono, dan didampingi oleh dua Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Nofrizal dan John Romi Sinaga.

Ayat Cahyadi dalam pidato HUT Kota Pekanbaru ke- 235 menyampaikan, beberapa keberhasilan Pemko Pekanbaru, terutama keberhasilan Kota Pekanbaru sebagai kota investasi, meningkatnya sistem pelayanan masyarakat.

Keberhasilan dibidang pembangunan seperti dengan adanya pembangunan kantor pemerintah Kota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya serta pembangunan di bidang lainnya.

Untuk pencapaian target APBD Kota Pekanbaru sebesar Rp2,6 triliun, hal ini menjadi kerja keras pemerintah kota Pekanbaru untuk pencapaian target APBD tersebut.

“Kemudian IPM Kota Pekanbaru lebih baik dari rata rata capaian nasional.Melalui momentum hari jadi ke 235 saya ucap kan terimakasih pada ASN, stakeholder dan masyarakat Pekanbaru yang sudah ikut membangun Pekanbaru,” kata Ayat.

Sementara Pimpinan Sidang Paripurna Sigit Yuwono mengucapkan tahniah dan harapan untuk Kota Pekanbaru yang jauh lebih baik. Di momen HUT Kota Pekanbaru ini masih banyak capaian yang dicapai.

“Salah satu persoalan yang harus kita evaluasi setiap tahunnya yakni persoalan banjir, harus duduk bersama semua pihak untuk mencarikan solusi, agar Kota Pekanbaru terbebas dari banjir,” kata Sigit.

Selanjutnya rangkaian kegiatan HUT Kota Pekanbaru ke-235 dilanjutkan dengan Apel upacara sekaligus memberikan hadiah kepada pemenang Juara dikantor Walikota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya, Senin (24/06/2019).

Apel ini dipimpin langsung oleh Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi. Turut hadir, Danrem Brigjen TNI Mohammad Fadjar, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, Sekdako Drs HM Noer MBA, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, KPUD Kota Pekanbaru, Panwas, Ketua LPM, Ketua Forum Rt/Rw, Para Alim Ulama, Cerdik Pandai, Ketua Organisasi Paguyuban dan para undangan lainnya.

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi mengikuti rangkaian kegiatan HUT Kota Pekanbaru ke 235.

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, berdasarakan visi daerah Kota Pekanbaru 2005- 2025 untuk menjadikan Kota Pekanbaru Pusat Perdagangan dan Jasa, Pusat Pendidikan serta pusat Kebudayaan melayu menuju masyarakat yang sejahterah yang berlandaskan iman dan taqkwa.

Sementara misinya menciptakan masyarakat yang mandiri dan berdaya bersaing tinggi dengan sasaran pelayanan lebih dekat, cepat, tepat, murah dan lebih baik.

“Untuk itu semua gambaran masyarakat madani yang kita ingin wujudkan masyarakat yang sejahtera. Adanya landasan iman dan taqwa dengan indikator perhatian dukungan seluruh SKPD, ASN. Agar kegiatan dan infrastruktur yang kita bangun bisa dinikmati masyarakat,” kata Ayat.

Sekarang kita sudah memiliki banyak Puskesmas dan Pekanbaru juga sudah punya Rumah Sakit Madani. Sebab bidang kesehatan ini sangat penting kali dikembangkan di Pekanbaru.

Selain bidang kesehatan, melalui Dinas pendidikan, Pemko Pekanbaru banyak membangun sekolah. Disisi lain, kualitas guru sudah ditingkatkan, dengan mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi guru.

“Diharapkan, kedepan terwujud masyarakat yang cerdas, berpendidikan, menguasai ketrampilan dan teknologi yang berkeadaban,” harap Ayat.

Sebagai kegiatan penutup, Pemko pekanbaru memberikan penghargaan kepada sejumpah OPD, Masjid Paripurna, SKPD dan siswa yang berprestasi. Pemberian penghargaan ini adalah bentuk penghargaan kepada jajarannya. (Advetorial)