Jarak Pandang Mulai Terbatas Akibat Titik Api Muncul di Riau

Pekanbaru (Nadariau.com) – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Selasa (14/5/2019) mendeteksi 12 hotspot di wilayah Sumatera.

Diantara Hotspot terdapat dibeberapa daerah di Riau. Kondisi ini ternyata mulai berimbas pada jarak pandang yang mulai terbatas.

Dari 12 hotspot tersebut, sebanyak 5 titik diantaranya terdeteksi muncul di Provinsi Riau.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan secara berkelanjutan.

Hotspot yang terpantau di di empat daerah di provinsi Riau berimbas pada jarak pandang atau visibility terbatas.

“Memang ada terpantau hotspot di beberapa daerah yang membuat jarak pandang terbatas. Keempat wilayah tersebut adalah Indragiri Hulu, Dumai, Pekanbaru dan Pelalawan,” tuturnya.

Untuk jarak pandang terpendek adalah Dumai hanya 4 Kilometer. Sementara itu 3 daerah lainnya memiliki jarak pandang 5 Kilometer.

Untuk 5 hotspot yang terpantau di Provinsi Riau itu terdapat di 3 daerah, 1 hotspot di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), 1 hotspot di Kabupaten Siak dan 3 hotspot di Kabupaten Pelalawan.

Kendati demikian, potensi hujan di sejumlah daerah di Riau masih akan terjadi sejak pagi hingga malam hari nanti.

Secara umum kondisi cuaca di Riau hari ini cerah berawan. Namun cuaca diperkirakan tetap terik. Kondisi demikian memungkinkan juga akan terjadi di Pekanbaru.(mcr/jal)