Akibat Partikel Jarak Pandang di Riau Turun

Pekanbaru (Nadariau.com) – Jarak pandang atau visibility sebagian daerah di Riau mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena faktor teknis yang diyakini tidak akan berlangsung lama.

Tiga wilayah di provinsi Riau memiliki jarak pandang terbatas meliputi daerah Pelalawan, Indragiri Hulu (Inhu) dan Dumai.

Sementara itu Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Jumat (19/04/2019) kembali mendeteksi hotspot di sebagian daerah Riau.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan.

Untuk udara yang kabur terjadi akibat adanya partikel-partikel yang menghalangi udara dan jarak pandang.

“Memang hari ini ada terpantau hotspot, yakni 3 hotspot yaitu di Bengkalis 2 hotspot dan Kampar 1 hotspot. Selain itu, hari ini Inhu, Dumai dan Pelalawan memiliki jarak pandang terbatas. Jarak pandangnya hanya 5 kilometer.

Selain itu beberapa daerah juga masih berpotensi diguyur hujan. Dengan curah hujan yang mengguyur sebagian daerah di Riau diharapkan dapat menghilangkan hotspot yang masih terpantau di beberapa daerah.

“Nanti akan kembali normal, biasanya kalau udara kabur ini memang hanya sebentar saja. Namun kita akan terus lakukan pemantauan secara berkelanjutan,” urainya lagi. (mcr/dan)