Honorer Khawatir Kualitas Pendidikan Turun Akibat Guru PNS Demo Terus

Pekanbaru (Nadariau.com) – Eko Wibowo SPdI selaku Ketua umum forum komunikasi guru dan pegawai honor sekolah negeri yang juga pengurus DPD PGRI Pekanbaru menyebutkan bahwa guru honor khawatir kualitas pendidikan di Pekanbaru akan menurun akibat guru bestatus PNS demo terus.

Sebab demo yang dilakukan oleh guru PNS mulai mengkhawatirkan. Pasalnya ini menyebabkan peserta didik tingkat SD dan SMP terlantar.

“Sebagai pendidik, kami secara pribadi tentu khawatir jika aksi ini dilakukan terus – menerus oleh guru bersertifikasi. Jam efektif mengajar dari pagi sampai siang bisa lumpuh,” kata Eko, Jumat (22/03/2019).

Eko juga mengatakan, dari beberapa laporan guru-guru honor, aktifitas belajar-mengajar masih normal disejumlah SD dan SMP. Hal ini karena di jam mengajar diback-up oleh guru honorer.

“Beberapa guru honor seperti kami, berupaya menggantikan peran guru bersertifikasi yang tengah aksi. Walaupun diakui kawan-kawan honorer juga kewalahan,” terangnya.

Saat disinggung, jika aksi dilakukan terus menerus apakah guru honorer siap memback-up agar peserta didik tidak dirugikan? Eko Wibowo menjawab siap.

“Bertambahpun jam mengajar para guru honorer, itu adalah bentuk pengabdian. Kalau 24 Jam-pun siap. Karena kita sudah memiliki naluri pendidik,” pungkasnya. (ind)