SMPN 3 Pekanbaru Gelar Khatam Alquran ke 7

Pekanbaru (Nadariau.com) – Ratusan siswa kelas IX SMPN 3 Pekanbaru mengikuti khatam Alquran, Sabtu (2/3) pagi di sekolah. Khatam alquran ke 7 ini diawali dengam pawai Ta’ aruf mulai dari sekolah, menuju jalan Dahlia, jalan Melur, jalan Lili dan kembali ke sekolah. Khatam alquran disekolah diakhiri dengan tepuk tepung tawar.

Kepala SMPN 3 Peanbaru Asbullah MPd mengatakan khatam alquran ini merupakan implementasi dari program sekolah mengaji yang dilaksanakan oleh sekolah.
Sebelum belajar, siswa diharuskan membaca alquran selama 15 menit. Siswa yang telah khatam alquran ini, mereka bisa menghafal alquran 2 juz, minimal 22 surat di juz 30.

“Jadi keluaran dari program sekolah mengaji ini, siswa kita sudah bisa hafal alquran 2 juz bahkan lebih,” kata Asbullah, Sabtu (02/03/2019) di sela kegiatan

Selain penghafal alquran, kata Asbullah, khatam alquran ini upaya sekolah membumikan alquran kepada peserta didik agar mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam alquran untuk kehidupan sehari hari.

“Melalui khatam Alquran ini bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dan menjadikan Al quran sebagai pedoman hidup,” kata Asbullah

Meskipun sudah khatam Alquran, kata Asbullah, dirinya meminta kepada siswa jangan berhenti membaca dan mengamalkan alquran, tetapi harus terus ditingkatkan untuk membaca alquran setiap saat.

“Jadi setelah khatam alquran bukan berarti siswa berhenti untuk membacanya, kalau dapat ditingkatkan lagi membacanya,” pesan Asbullah

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru H.Muzailis yang hadir dalam khatam alquran tersebut memberikan apresiasi kepada kepala sekolah, guru dan orang tua siswa yang telah melaksankan khatam alqur’an disekolah.
Program ini sangat selaras dengan program Kota Pekanbaru mengalakan sekolah mengaji demi terwujudkan Pekanbaru sebagai Smart City Madani. (jal)