Koramil 15/KK Melakukan Pendataan Peningkatan Wabah Diare di Puskesmas Kuala Kampar

Pelalawan (nadariau.com)- Sebagai Babinsa yang bertugas di pulau terluar berkewajiban mengetahui setiap kondisi sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat desa wilayah binaannya.

Serda Hendra Gunawan yang bertugas di Koramil 15/KK, Kamis (28/2/2019). Melakukan komunikasi sosial dan pendataan ke Puskesmas Kuala Kampar untuk melihat secara langsung adanya peningkatan pasien diare yang dirawat di Puskesmas tersebut.

Dari Kepala Puskesmas Yan Benny Ayusla S. Kep diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatan jumlah pasien diare pada bulan Februari jika dibandingkan dengan bulan Januari 2019.

Pada bulan Januari 2019 yang terkena wabah diare sebanyak 58 orang, sedangkan pada bulan Februari 2019 sejumlah 121 orang.

Menurut pihak Puskesmas Kuala Kampar bahwa penyebab terjadinya wabah diare dikarenakan terdapat kuman dan bakteri
didalam makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta saat ini musim kemarau/ panas sehingga suber air bersih kurang memenuhi kriteria untuk dikonsumsi, termasuk banyaknya lalat hinggap ke makanan dan minuman maupun buang air besar di sembarang tempat.

Koramil 15/Kuala Kampar siap mendukung pihak terkait diadakannya penyuluhan kepada masyarakat untuk mencegah meningkatnya wabah diare.

Upaya yang dilakukan pihak Puskesmas dan pihak terkait berupa Promosi Kesehatan ( Prokes ) melalui Didan Desa , Pos Yandu, himbauan dalam pengajiaan / wirit di desa dan pengobatan masal di desa.(*)