Pemprov Riau Terus Gali Potensi Gas Agar Bisa Memenuhi Cadangan

Pedagang Gas LPG

Pekanbaru (Nadariau.com) – Pemerintah Provinsi Riau menggali potensi cadangan gas yang belum tereksplorasi secara optimal.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung peningkatan potensi gas yang dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya ekonomi menengah ke bawah.

Dalam implementasinya, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau mencatat Riau punya 3 blok untuk cadangan gas yang cukup besar. Ketiga blok tersebut yakni Malacca Strait, EMP Bentu dan EMP Kerinci Petro Selat.

Kepala Dinas ESDM Provisni Riau, Indra Agus menilai, pihaknya sedang mengkaji potensi gas tersebut. Diharapkan potensi tersebut dapat memenuhi kebutuhan dasar gas masyarakat di daerah.
“Potensi tersebut cukup besar untuk dikembangkan. Kita juga memerlukan cadangan untuk memenuhi kebutuhan dasar terhadap gas elpiji rumah tangga. Untuk itu BUMD Riau diharapkan dapat memanfaatkan potensi tersebut,” tuturnya, Jumat (25/01/2019).

Bahkan, diantara blok Migas tersebut, satu diantaranya kini sedang dalam tahapan lelang. Diharapkan potensi tersebut dapat tereksplorasi secara optimal dalam mendukung optimalisasi jaringan gas di daerah.

Tidak hanya itu, potensi lain dari batu bara low kalori dan bisa diproses menjadi gas untuk keperluan masyarakat. Sinergitas inovasi tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk menjawab kebutuhan gas masyarakat. (jal)