Kadisdik Riau: Kita Seperti Ini Karena Guru, Maka Kesejahteraan Guru Terus Ditingkatkan

Pekanbaru (Nadariau.com) – Kadisdik Provinsi Riau, Rudyanto mengatakan terus akan meningkatkan kesejahteraan guru. Karena guru adalah pencerdas anak bangsa, tanpa guru maka negara akan bodoh.

Sebagai bentuk pengabdiannya terhadap guru, Rudyanto mengaku, telah banyak membenahi berbagai bentuk program untuk menunjang kesejahteraan guru.

Diantaranya gaji guru honorer sudah sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP). Dana BOS dan Bosda sudah disalurkan tepat waktu.

Termasuk berbagai fasilitas sekolah, SDM, serta kurikulum sudah ditingkatkan, atau mengacu kepada standar nasional.

“Guru harus kita hargai. Karena guru kita bisa berguna bagi nusa, bangsa dan daerah. Oleh sebab itu, kesejahteraan guru akan kita perhatikan dengan sebaik baiknya,” kata Rudyanto, kepada media, Senin (26/11/2018).

Ia mengakui masih banyak nasib guru memprihatinkan, terutama guru bertugas di pinggiran daerah. Dimana mereka harus menyeberang sungai dan melakukan perjalanan hitungan jam menuju sekolah.

Setiap hari berbagai rintangan dihadapi. Namun mereka tetap menampik tantangan tersebut tanpa mengeluh. Mereka tetap meluruskan niatnya mengabdi kepada negara untuk melaksanakan proses belajar mengajar disekolah.

“Saya pernah menjadi Plt Bupati Kabupaten Inhil. Saya melihat langsung bagaimana perjuangan guru menuju sekolah. Yakni menyeberang sungai setiap hari untuk menjalankan tugas di sekolah,” ujar Rudyanto.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Rudyanto mengaku selalu berkoordinasi dengan Pemerintah pusat dan kabupaten/kota, supaya dapat meminimalisir kondisi buruk dunia pendidikan di Provinsi Riau.

Salah satunya, bagaimana pemerintah secara terus menerus meningkatkan mutu pendidikan, SDM guru dan kelengkapan fasilitas sekolah sesuai standar nasional.

Dalam rangka Memperingati Hari Guru Nasional, Rudyanto berpesan kepada guru, agar bisa melakukan proses pendidikan dengan baik.

Supaya siswa benar benar terdidik kearah yang baik. Dan miliki sifat beradab, sopan santun dan bisa menjadi pemimpin dimasa akan datang.

“Kami keluarga besar Dinas Pendidikan Riau mengucapkan, selamat Hari Guru Nasional. Semoga kedepan dunia pendidikan akan tambah baik dan kesejahteraan guru tambah meningkat,” ucap Rudyanto. (ind)