Penyelamatan Beriang Madu di Bukit Kerikil Siak Kecil

Siak (Nadariau.com) – Tanggal 16 September 2018 sore hari, Petugas pendamping Resort Duri menerima laporan dari masyarakat yang berada di kebun sawit dan berlokasi di Digdo, Desa Bukit Kerikil, SM Giam Siak Kecil, bahwa terdapat seekor Beruang madu (Helarctos malayanus) yang terkena jerat di sekitar ladang mereka.

Untuk memastikan laporan warga, Petugas pendamping Resort Duri melakukan pengecekan ke lokasi bersama pemilik ladang.

Begitu sampai di lokasi, ternyata benar ada seekor Beruang remaja yang terjerat dan ditunggu Beruang dewasa yg memiliki ukuran jauh lebih besar serta kokoh. Diperkirakan Beruang tersebut sebagai induk dari Beruang yg terjerat.

Dengan kondisi TKP yg cenderung mulai gelap serta pertimbangan keamanan, Petugas memutuskan kembali esok harinya untuk melakukan penyelamatan.

Keesokan harinya, Petugas pendamping Resort dibantu beberapa warga melakukan penyelamatan Beruang.

Pukul 10.15 Wib, pelaksanaan penyelamatan selesai dan beruang tersebut berlari kembali ke habitatnya.

Setelah penyelamatan dilakukan, Petugas melanjutkan dengan penyisiran pada areal sekitar untuk membersihkan jerat jerat liar dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

Agar tidak melakukan pemasangan jerat satwa di lokasi tersebut untuk menghindari terjeratnya satwa-satwa langka yang dilindungi.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono mengapresiasi kerja sama masyarakat dan tim Quick Response Balai Besar KSDA Riau yang berhasil menyelamatkan satu ekor beruang yang terjerat tersebut.

Diharapkan untuk ke depannya masyarakat makin memahami pentingnya penyelamatan terhadap satwa yang dilindungi. (rls/ind)