BPJS Tetap Jamin Biaya Persalinan dan Jenis Kesehatan Lain, Isu Tidak Ditanggung Tak Benar

Pekanbaru (Nadariau.com) – Manajemen BPJS Kantor Cabang Pekanbaru menegaskan, tetap membayar biaya persalinan ibu dan anak serta jenis penyakit lain.

Namun selama ini ada Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan masyarakat salah paham dengan kebijakan baru dari BPJS.

Seperti, ada beredar isu BPJS tidak menanggung biaya anak baru lahir, penyakit katarak dan beberapa jenis penyakit lainya.

Padahal, biaya persalinan dan anak baru lahir normal sudah satu paket. Sementara jika anak lahir tidak normal, seperti butuh perawatan medis, maka anak baru lahir tersebut harus dibuatkan kartu BPJS, sebagai jaminan kesehatan.

Begitu juga perawatan katarak. Pihak rumah sakit akan mengutamakan pasien yang berpenyakit berat. Hal ini dilakukan karena keterbatasan tenaga dan waktu dokter selaku tim medis.

Rahmad Asri Ritonga Kepala Kantor Cabang BPJS Pekanbaru mengakui,
memang baru – baru ini BPJS ada mengeluarkan aturan baru. Yaitu tidak menanggung biaya beberapa item penyakit. Namun aturan itu diberlakukan kepada sesuatu yang berbeda dan perawatan yang bisa ditunda.

“Intinya semua semua item penyakit itu ditanggung oleh BPJS. Namun tentu ada aturan dan mekanisme yang harus diikuti oleh pasien peserta BPJS,” kata Asri, pada kegiatan ‘Ngobrol bareng media rujukan online dan pelaksanaan program JKN-KIS era jaman now’ di Hotel Grand Suka Pekanbaru, Selasa (18/09/2018).

Selain itu, untuk peningkatan pelayanan kesehatan, sekarang BPJS telah meluncurkan program Rujukan Online. Agar masyarakat mudah untuk memilih rumah sakit tempat rujukan pasien.

Melalui Rujukan Online, masyarakat atau Faskes bisa memilih rumah sakit yang memiliki fasilitas dan dokter terkait dengan penyakit pasien. Sehingga pasien langsung dirawat saat sampai di rumah sakit.

“Program Rujukan Online sangat penting, apalagi pasien dari daerah. Karena kita bisa juga tahu siapa dan kapan waktu dokter praktek di setiap rumah sakit yang melayani BPJS,” jelas Asri. (ind)