Pemkab Inhil Sosialisasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kepada Pegawai

Inhil (Nadariau.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil melaksanakan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) kepada pegawai.

Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Inhil HM Wardan, Kepala perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi riau Didik Sadikin.

Selanjutnya Ketua DPRD Inhil, unsur Forkopimda, Sekda serta pejabat eselon II, III dan VI di lingkungan pemkab Inhil, di Gedung Engku Kelana, Senin (17/09/2018).

Sosialisasi ini mengangkat tema ‘Melalui penguatan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) kita tingkatkan Akuntabilitas Pemerintah daerah’.

Sebelum menyampaikan sambutan, Wardan terlebih dahulu menerima Laporan Hasil Quality Assurance SPIP dan penyerahan Piagam Penghargaan SPIP Level 3 Kabupaten Inhil oleh kepala BPKP perwakikan Provinsi Riau Didik Sadikin kepada Pemkab Inhil.

Bupati Inhil HM Wardan MP mengatakan, penilaian maturitas SPIP ini di mulai pada tahun 2017 yang lalu dalam hal ini BPKP Perwakilan provinsi Riau Secara Terus menerus melakukan pembinaan terhadap inspektorat Kabupaten Inhil sebagai leading Sektor untuk memenuhi penilayan maturitas tersebut.

Penilaian mandiri maturitas SPIP ditargetkan oleh presiden melalui RPJMN 2015-2019 yang mana target 2019 mencapai level 3 untuk kementrian lembaga mencapai 85 persen.

“Kemudian provinsi 85 persen kabupaten atau kota 75 persen Secara nasional dan alhamdulillah kita sudah mencapai target tersebut”ucap bupati yang di sambut tepuk tanggan peserta sosialisasi.

Wardan menjelaskan bahwa penyelenggaraan SPIP merupakan kerangka kerja yang membuat karateristik dasar yang menunjukan kematangan penyelengara SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan.

“Penilaian atas maturitas SPIP telah di lakukan oleh pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir dalam hal ini inspektorat di dukung oleh 10 OPD lainya yang menjadi sampel penilaian,” ujarnya.

Bupati mengatakan tidak mudah mencapai ke level 3 ini untuk itu Pemkab inhil sendiri memberikan penghargaan Yang setinggi tinginya kepada BPKP perwakilan Provinsi Riau yang telah membimbing mengarahkan dan mendukung secara penuh kegiatan mandiri maturitas SPIP dilingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

“Saya berharap komunilasi dan silahturahmi pemerintah kabupaten inhil dan BPKP Perwakilan provinsi Riau tidak sampai di sini saja, Kami memerlukan bimbingan dan arahan untuk perbaikan kinerja pemerintah daerah kabupaten Inhil dimasa mendatang,” ujar Wardan. (adv/diskominfo/mad)