Sosialisasi Pelatihan Penggunaan Herbisida Bagi Petani Rohul

Rohul (Nadariau.com) – Aliansi Stewardship Herbisida Terbatas (Alishter) Jakarta Perwakilan Riau gelar sosialisasi Herbisida, sebagai bahan untuk meracun rumput yang sudah berbahan aktif parakuat diglorida.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sapadia Pasir Pengarayan dan diikuti sekitar 100 orang petani dari 16 kecamatan se- Rokan Hulu.

Ketua Alishter Perwakilan Riau Adur Rohman mengatakan, tujuan dari dilakukannya sosiliasasi ini untuk mengantisipasi bahaya terhadap pemakai ketika para petani akan menggukan racun rumput dilahan pertaniannya masing-masing.

“Kita akui untuk produk racun berbentuk herbisida ini masih sedikit petani Rohul yang mengetahui cara pemakaiannya. Untuk itulah kita sosialisasikan hari ini kepada petani yang ada di Kabupaten Rohul. Sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan petani kita nantinya,” kata adur, Rabu (15/08/2018).

Racun Herbisida yang kita promosikan kepada petani berupa racun cair yang ampuh membunuh rumput maupun ilalang hingga keakar-akarnya.

Namun untuk cara penggunaanya harus disosialisasikan kepada petani supaya tidak membahayakan. Apa lagi herbisida ini sudah mengandung bahan aktif parakuat Diglorida.

“Untuk saat ini sedikitnya sudah ada 49 peruhasaan yang sudah bergabung dengannya untuk menggunakan racun herbisida. Karena hasilnya sangat memuaskan,” jelas Adur.

Kegiatan sosialisasi Alishter ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Mubrizal dan diikuti 100 orang peserta. (tra)

 26 total views