Unri Jadi Stand Terbaik ke-2 pada Ritech Expo Tahun 2018

Pekanbaru (Nadariau.com) – Universitas Riau (Unri) memperoleh penghargaan sebagai stand terbaik ke-2 pada kegiatan Ritech Expo tahun 2018 dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru, Riau.

Penghargaan ini diperoleh dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), minggu malam 12 Agustus 2018. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Riau selaku Tuan Rumah Hakteknas tahun 2018.

Pada momentum tersebut, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Unri, Prof Dr Mashadi MSi, menyampaikan apresiasinya pada peraihan penghargaan ini.

Ini merupakan langkah yang baik dari Universitas Riau dalam memberikan dukungannya kepada Kemenristekdikti atas perluasan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat.

Pada kegiatan pameran Ritech Expo tahun 2018 ini, Unri menampilkan beberapa produk inovasi yang berkaitan dengan bidang pangan dan energi, sesuai dengan tema Hakteknas ke-23 tahun ini, yaitu Inovasi untuk kemandirian pangan dan energi.

Unri, sebagai universitas negeri yang tertua di Provinsi Riau, berkontribusi dalam menggaungkan semangat Hakteknas tahun 2018.

Disedari awal telah menunjukkan komitmen dalam mewujudkan semangat itu. Beberapa program kegiatan yang telah disusun bersama Tim Hakteknas Unri, sesuai dengan arahan Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, telah disusun dan sampaikan kepada berbagai pihak.

“Diantaranya di bidang Bakti Teknologi, Seminar, Ritech Expo, Tim Pendukung Acara, dan lain sebagainya,” terang Mashadi, Selasa (14/08/2018).

“Alhamdulillah sejalan dengan pelaksanaan program yang dimaksud, kita memperoleh dukungan penuh dari berbagai pihak terutama Kemenristekdikti selaku panitia Pusat Hakteknas tahun 2018,” ujar pakar Matematika ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Perencanaan dan Humas Unri, Drs Mawardi menyampaikan terima kasih kepada Kemenristekdikti atas dukungan kerjasama yang telah diberikan kepada Unri.

Beberapa program kegiatan dalam rangka Hakteknas telah kita susun berdasarkan arahan pimpinan. Program-program inilah yang menjadi dasar bagi kita di Tim Hakteknas Unri untuk mendukung program nasional ini.

Atas peraihan juara ke-2 pada kategori Perguruan Tinggi peserta Pameran Teknologi Ritech Expo 2018, Unri melaksanakan fungsi transformasi edukasi kepada para pengunjung stand.

Berkaitan dengan hal itu, Unri juga menyusun sistem pengelolaan stand pameran yang komunikasif dengan menghadir produk-produk hasil penelitian Unri yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Sub Bagian Humas Unri, Rioni Imron, menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi perhatian dari Unri dalam melaksanakan fungsi promosi dan informasi dalam bentuk pameran.

Selain dari produk-produk penelitian unggulan yang kita tampilkan pada pameran, Unri juga memperhatikan aspek bangunan tata letak dan disain stand pameran, Unri juga menyiapkan stand pameran yang nyaman bagi pengunjung.

Selain itu Unri juga memberikan souvenir universitas bagi pengunjung stand yang aktif dalam menggali ilmu pengetahuan.

“Pada stand pameran yang berlangsung, terdapat beberapa produk inovasi yang Unri tampilkan, diantaranya adalah peralatan sistem grading buah sawit otomatis, solar cell, peralatan sistem pencacah limbah sawit, pengolahan limbah batang sawit, pengolahan mie sagu ikan, formulasi biotrikom, mobile infus, dan beberapa produk unggulan lainnya,” ujar Rion. (dan)