PIL Sambil Garap Mobile JKN? Kenapa Engga!

Para pegawai dan perangkat manajemen Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru berfoto bersama Manajemen BPJS Cabang Pekanbaru.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Segenap pegawai dan perangkat manajemen Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru mempercepat langkah mereka menuju Ruang Aula tempat akan dilaksanakannya Pemberian Informasi Langsung oleh BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru.
Sebagian sudah ada yang memenuhi ruangan. Informasi seputar BPJS Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memang masih menjadi daya tarik sendiri di kalangan masyarakat. Pegawai dan perangkat manajemen Rumah Sakit Lancang Kuning terlihat antusias, entah sekedar ingin mengetahui informasi atau menyampaikan keluhannya.

Kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) yang berlangsung pada hari Senin (02/07/2018) pukul 08.30 WIB ini dibuka oleh moderator dari pihak Rumah Sakit Lancang Kuning, dilanjutkan dengan pemaparan informasi seputar BPJS Kesehatan dan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Asti Putri Dewi Santri.

Selaku Direktur Rumah Sakit Lancang Kuning, Aznan Wahyudi yang berprefesi sebagai dokter gigi ini, mengapresiasi kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) karena dapat menyegarkan kembali informasi-informasi yang telah didapat jajarannya baik melalui seminar-seminar yang diadakan BPJS Kesehatan atau lainnya.

”Jadi, nanti mari kita tingkatkan lagi baik dari segi pelayanan atau segi rumah sakit sebagai badan usaha-nya. Karena yang dijalankan BPJS Kesehatan ini bukan aturan yang dibuat sendiri melainkan aturan dan program-program dari Pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan,” lanjutnya.

Peserta lain kegiatan ini juga tak kalah antusias. Pertanyaan-pertanyaan seperti bagaimana mengubah data secara badan usaha, pendaftaran, mutasi, masalah denda, hingga yang cukup menarik perhatian adalah spanduk Mobile JKN yang kami bawa.
Dalam kesempatan yang sama pula, Asti Putri Dewi Santri berkesempatan menjelaskan fitur-fitur dari aplikasi Mobile JKN yang dapat memudahkan Peserta.

”Jadi, Bapak Ibu, harap memastikan telepon genggam yang Bapak Ibu miliki sudah terkoneksi dengan jaringan internet dengan baik. Karena seringnya keluhan adalah kegagalan berkali-kali dalam melakukan login pertama kali. Setelah memastikan hal tersebut, bagi Bapak Ibu yang baru mendaftar, silakan memilih Pendaftaran Baru dengan bar berwarna biru, dan Pengguna Mobile bagi yang sudah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS,” tutupnya.

Saat ini jumlah peserta se-wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru mencapai 1.844.882 jiwa. Jumlah fasilitas kesehatan tingkat pertama mencapai 276 FKTP dengan jumlah fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan mencapai 41 RS. (ind)