Jalur Lintas Riau-Sumbar Dipasang Baliho Petunjuk Jalan

Baliho peringatan jalan lintas Riau-Sumbar.

[divide]

Kampar (Nadariau.com) – Jalur jalan lintas Riau Sumatera Barat (Sumbar), khususnya diwilayah Kabupaten Kampar dipasang baliho petunjuk jalan. Sehingga pengendara terbantu mendapatkan informasi selama dalam perjalanan.

Kasat Lantas Polres Kampar AKP Wan Mantazakka menjelaskan, baliho petunjuk jalan ini bertujuan untuk mengantisipasi dan menekan angka kecelakaan lalulintas di Jalan Lintas Riau-Sumbar wilayah Kabupaten Kampar, khususnya selama pergelaran Operasi Ketupat Muara Takus 2018.

Satuan Lalulintas Polres Kampar sudah memasang baliho petunjuk jalan sejak Jum’at (08/06/2018) kemarin. Baliho dipasang terutama di titik rawan kecelakaan.

Terpantau beberapa tempat yang telah dipasangi baliho peringatan ini antara lain di wilayah Desa Merangin, dekat gerbang PLTA Koto Panjang, depan objek wisata Ulu Kasok.

Kemudian didaerah Desa Pulau Gadang, Desa Tanjung Alai dan Kelok S di wilayah Desa Tanjung Alai, baliho ini bertertuliskan peringatan “Awas !!! Banyak Tikungan Tajam” serta “Daerah Rawan Laka.

Lokasi-lokasi yang menjadi tempat pemasangan baliho peringatan ini memang diketahui merupakan daerah rawan kecelakaan, salahsatu penyebabnya karena kondisi jalan yang banyak tikungan disertai turunan dan tanjakan.

Saat dikonfirmasi awak media menyampaikan, bahwa pihaknya telah berupaya untuk menekan angka kecelakaan di jalan Lintas Riau-Sumbar ini dengan melakukan berbagai upaya, seperti menurunkan Tim Patroli Lalulintas, memberikan himbauan kepada para pengemudi dan juga memasang spanduk serta baliho untuk mengingatkan pengguna jalan agar berhati-hati.

Kemudian Kasat Lantas Polres Kampar bahwa ada beberapa faktor penyebab kecelakaan lalulintas antara lain faktor manusia, faktor kendaraan, faktor jalan serta faktor alam.

Namun yang paling dominan terjadi adalah faktor manusia sehingga kita terus berupaya mengingatkan dan mengedukasi pengguna jalan ini untuk berhati-hati dan tertib berlalulintas. (dw)